Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Besok, Vaksinasi Covid-19 Pertama di Lingkungan Pemkot Surabaya

Kamis, 14 Januari 2021 - 18:52 | 24.18k
Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYAVaksinasi Covid-19 pertama kali di lingkungan Pemkot Surabaya bakal digelar, Jumat (15/1/2021) besok di Balai Kota Surabaya. Kegiatan tersebut rencananya akan dimulai pukul 08.30 WIB dan diikuti 12 orang jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya.

"Dari jajaran Forkopimda, ada 16 nama yang kita sampaikan itu masih ada 4 yang belum terkonfirmasi apakah bisa vaksin atau tidak," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana di ruang kerjanya, Kamis (14/1/2021).

surabaya vaksinasi 2

Sementara Whisnu sendiri mengaku telah menerima SMS konfirmasi bisa mendatangi pos vaksinasi. Kendati demikian, calon penerima vaksin yang telah mendapat konfirmasi tersebut masih harus melewati tahapan tes kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin.

"Karena ada aturan beberapa penyakit yang tidak boleh ikut vaksin. Contohnya seperti memiliki diabetes, hipertensi, riwayat jantung, kanker ataupun ISPA. Makanya nanti ada skrining di meja 2. Kalau sudah lolos skrining, baru masuk ke meja 3 untuk penyuntikan vaksin," jelas Whisnu.

Pada tahap penyuntikan vaksin, pihaknya telah menyiapkan bilik khusus untuk membagi antara pria dan wanita.

"InsyaAllah besok saya dijadwalkan yang pertama lalu diikuti Forkopimda," ucapnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 besok, Pemkot Surabaya telah menyiagakan 9 tenaga medis dan dokter yang berasal dari beberapa Puskesmas dan RSUD Dr Soewadhie.

Selain itu, Whisnu menyatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan mobil ambulance untuk mengantisipasi apabila terjadi insiden KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang tentunya tidak diinginkan.

surabaya vaksinasi 3

"Intinya semua persiapan sudah matang, ada dua ambulance yang kita siapkan beserta peralatannya. Nantinya di meja 4 kita berikan sosialisasi jik ada kejadian KIPI, ke mana ke mana jalurnya sehingga bisa segera tertangani," paparnya.

Lanjut Whisnu, setelah penyuntikan vaksinasi diikuti oleh Forpimda Surabaya, sasaran berikutnya adalah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang non nakes yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan publik seperti rumah sakit dan puskesmas.

"Nanti baru tanggal 16 - 17 Januari 2021, tenaga kesehatan. Memang arahan dari pusat pada gelombang pertama yang divaksin lebih dulu adalah tokoh-tokoh," tutur Whisnu mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pertama di lingkungan Pemkot Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES