Pemkab Pulau Morotai Kini Punya Command Center Berbasis Teknologi Informasi

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Pemkab Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan era digital. Untuk membuat manajemen informasi satu pintu, Pemkab pun membentuk Pusat Comando berbasis teknologi informasi atau lebih populer dengan sebutan Command Center.
Saat ini, pihak Bappeda sedang melakukan masa percobaan konektivitas, antara pusat Command Center dengan seluruh OPD yang berada di dalam Kantor Bupati Pulau Morotai terkait absensi PNS secara elektronik.
Advertisement
Menurut Kepala Bappeda Pulau Morotai, Abjan Sofyan, bahwa pembuatan Command Center adalah langkah inovasi yang dilakukan Pemkab Pulau Morotai dalam menyambut era digital. Sehingga segala informasi yang terkait dengan PNS maupun publik dapat dikontrol dari ruangan ini alias dibuat informasi satu pintu.
"Command Center milik Pemkab Pulau Morotai belum diresmikan, sementara ini baru uji coba dalam internal, menghubungkan dengan sejumlah aplikasi yang di gunakan masing masing OPD, seperti absen pegawai sudah online dan seluruh aktivitas pegawai dapat dikontrol dari dalam command center, ini keunggulannya," ungkap Abjan.
Mantan Sekda Halbar ini menjelaskan, bahwa Command Center dijadikan pusat kendali bagi berbagai hal di Pulau Morotai yang berbasis teknologi informasi yang canggih.
"Inovasi dalam layanan publik berbasis teknologi informasi merupakan kebutuhan di era digital saat ini. Karena, kehadirannya mempercepat akselerasi informasi atau data yang Pemerintah butuhkan," ujarnya.
Abjan juga menyebutkan, bahwa Command Center dapat dijadikan oleh Kepala Daerah sebagai sistem peringatan dini atau early warning system dalam pengambilan keputusan yang tepat dan akurat dalam menyelesaikan masalah yang ada.
Lanjutnya, kedepan fungsi monitoringnya diperluas hingga ke Pusat Kota, Kecamatan dan Desa bila seluruhnya telah memiliki jaringan internet yang stabil. Karena, dalam Command Center ini tersedia alat strategis untu mendukung Bupati mengambil kebijakan terkait dengan kebutuhan publik.
"Contohnya ada kebakaran di Desa A dan ada masyarakat yang mengadu dapat terpantau dari sini, karena koneksinya kita hubungkan dengan call center pemadam kebakaran, demikian juga dengan bencana," ucapnya.
Sementara di dalam OPD masing masing, sebut Abjan, ada petugas pengelola data. Bertugas menginput Data setiap hari, Minggu dan bulanan. Selain itu, Comand Center terintegrasi dengan ruang rapat Bupati, Wakil Bupati dan Sekda, sehingga sewaktu waktu ada rapat terbatas membutuhkan data dapat langsung diakses
Untuk itu, Kepala Bappeda Pulau Morotai berharap, kehadiran Command Center dapat dijadikan sentral informasi dalam memberikan pelayanan terhadap berbagai kebutuhan publik di Pulau Morotai.
"Dalam memanfaatkan Command Center semuanya jadi efektif, efisien dan hasilnya maksimal bela seluruh telah terkoneksi dengan baik. Saat ini, saya harap seluruh tim data diseluruh OPD dapat melengkapi datanya terkait dengan kebutuhan secara internal maupun eksternal untuk diakses satu pintu," ucap Kepala BAPPEDA Pulau Morotai, Abjan Sofyan. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |