Demi Pelayanan Prima, RSIA Mawar Malang Hadirkan Praktisi Kepribadian dan Makeup

TIMESINDONESIA, MALANG – Manajemen Rumah Sakit Ibu Anak Mardi Waluyo (RSIA Mawar) Kota Malang berbenah. Tak hanya pembenahan fisik. Tapi juga peningkatan sumber daya manusia dengan menggelar workshop kecantikan dan pelayanan prima bersama praktisi profesional, Senin, 8/2/2021, di hall rumah sakit setempat.
Acara diikuti dengan antusias para karyawan yunior hingga senior. Mereka tidak hanya bagian custumer service, tapi juga tenaga kesehatan, gizi, hingga administrasi. Materi praktik bermake-up diberikan oleh tim beauty class Latulip.
Advertisement
Sementara materi pelayanan prima diberikan oleh praktisi kelas kepribadian, Agung Sudir yang juga pimpinan Color Model. Para peserta sangat antusias mengikuti materi yang berlangsung paralel itu.
"Meski pandemi, dan menggunakan APD (alat pelindung diri), kami makin semangat melayani pasien dengan tampil cantik dan selalu tersenyum," ujar Sri, salah satu karyawati usai mengikuti praktik makeup sehari- hari.
Para karyawati juga bersemangat saat mengikuti materi Agung Sudir. Mereka diberikan tips- tips bagaimana selalu bisa menerapkan 3S. Yakni salam, senyum, dan sapa kepada pasien atau pelanggan.
"Begitu ada tamu atau siapa saja yang masuk ke rumah sakit ini, semua wajib disambut dengan salam, senyum dan sapa," pesan Agung.
Ia berpesan, bahwa 3 S tidak hanya dilakukan kepada pelanggan atau pasien, tapi juga sesama karyawan dan pimpinan. Jangan sampai hanya bisa tersenyum kepada pelanggan atau tamu. Tapi dengan teman kerja dan pimpinan tidak.
"Suasana kerja, team work yang baik juga mendukung terciptanya 3S," kata Agung.
Selain itu diperlukan saling mendukung satu sama lain dalam kerja tim. Dalam pelayanan prima, pelanggan atau pasien merupakan raja dan ratu yang patut dilayani terbaik. Tanpa membedakan pelanggan.
Semangat melayani dengan ketulusan hati akan sangat menentukan pancaran wajah meski terbungkus masker. Para karyawan juga diajak praktik bagaimana menggunakan bahasa tubuh. Untuk sekadar menyapa hingga menawarkan pelayanan RSIA Mawar.
Seperti memanfaatkan gestur tubuh positif saat menyambut tamu atau pelanggan. Gerakkan kepala dan badan sedikit menunduk. Lalu, gerakkan sedikit ke kanan, sambil dua telapak tangan bertemu di depan dada. "Ucapkan selalu ada yang bisa dibantu dengan sopan," pesan Agung Sudir.
Kabag Umum dan Keuangan RSIA Mawar Malang, Sri Wulandari SE menambahkan, bahwa workshop tersebut merupakan langkah manajemen untuk mewujudkan pelayama prima kepada pasien dan pelanggan.
Karena itu, memasuki awal 2021 RSIA Mawar Malang melakulan pembenahan baik manajemen, fasilitas, dan SDM. "Semoga kami terus bisa melayani terbaik dengan sangat cinta dan kasih," ujarnya (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |