Peristiwa Daerah

Serahkan Mobil Sehat, Bupati Lamongan Ajak Insan Kesehatan Tingkatkan Pelayanan

Senin, 10 Mei 2021 - 14:06 | 39.19k
Bupati Yuhronur Effendi saat menyerahkan Mobil Sehat secara simbolis kepada 7 Kepala Desfa
Bupati Yuhronur Effendi saat menyerahkan Mobil Sehat secara simbolis kepada 7 Kepala Desfa

TIMESINDONESIA, LAMONGANBupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak insan-insan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kabupaten Lamongan. Menurutnya, salah satu upaya meningkatkan indeks pelayanan kesehatan dengan memberikan Mobil Sehat kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

“Alhamdulillah, indeks kesehatan masyarakat Lamongan terus mengalami kenaikan dan peningkatan. Kesehatan merupakan salah satu indikator capaian indeks pembangunan manusia di Lamongan,” ucap Yuhronur Effendi saat menyerahkan 70 unit Mobil Sehat secara simbolis di halaman Dinas Kesehatan Lamongan, Senin (10/05/2021).  

Bupati Yuhronur 2

Pak Yes sapaan akrab Yuhronur Effendi menjelaskan, secara simbolis 7 Desa memperoleh Mobil Sehat. Namun sebenarnya, ungkap Pak Yes, ada 70 unit Mobil Sehat yang diserahkan.     

“Sampai dengan hari ini, total Mobil Sehat yang sudah tersalurkan sebanyak 432 desa. Jadi tinggal 42 desa yang belum menerima mobil sehat. Untuk desa yang belum menerima, akan terus kita upayakan agar seluruhnya dapat segera menerima Mobil Sehat,” katanya.  

Indeks layanan kesehatan ini, tutur Pak Yes, bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Ke depannya, Ia juga merencanakan untuk menciptakan program Home Care Service.

“Home Care Service ditujukan untuk memberikan pelayanan ke rumah-rumah. Dengan menjemput masyarakat yang rentan tidak memperoleh pelayanan kesehatan. Misalnya masyarakat sangat miskin yang tidak mampu pergi ke puskesmas,” ujarnya.

Mobil sehat yang dicetuskan oleh mantan Bupati Lamongan alm. H. Fadeli untuk diserahkan kepada 474 desa/kelurahan, diharapkan mampu terus memberikan manfaat kepada masyarakat serta dapat mengungkit indeks kesehatan di Lamongan.

Bupati Yuhronur 3

“Jika indeks kesehatan meningkat, maka indeks pembangunan masyarakat pun bisa meningkat dan lebih baik,” tutur Pak Yes sembari terus mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski di Kabupaten Lamongan sudah tidak terdapat zona orange.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan dr. Taufik Hidayat melaporkan, dari 27 kecamatan di Lamongan 21 kecamatan berada pada zona hijau dan 6 kecamatan zona kuning.

“Kami terus berkomitmen melayani masyarakat dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui Mobil Sehat,” ujar dr. Taufik Hidayat mendampingi Bupati Lamongan Yuhronur Effendi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES