Peristiwa Daerah

Perdana Ikuti Peparprov Jatim 2021, Kontingen Atlet NPCI Jember Boyong 9 Medali

Selasa, 25 Mei 2021 - 18:50 | 37.04k
Dari kiri-kanan: Sekretaris NPCI Jember Ahmad Fauzi, Ketua Kontingen Rio Pradana, Ketua NPC Jember Kusbandono, Jubir NPCI Jember Siti Fannatus Syamsiah. (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)
Dari kiri-kanan: Sekretaris NPCI Jember Ahmad Fauzi, Ketua Kontingen Rio Pradana, Ketua NPC Jember Kusbandono, Jubir NPCI Jember Siti Fannatus Syamsiah. (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kontingen National Paralympic Committee Indonesia Kabupaten Jember (NPCI Jember), perdana mengikuti kegiatan Pekan Paralimpik Provinsi Jawa Timur ke-I pada tahun 2021 (Peparprov Jatim 2021), yang dilaksanakan di Surabaya pada 20 - 24 Mei 2021.

Kontingen NPCI Jember, sukses meraih 9 medali antara lain 1 medali Emas, 2 Perak, dan 6 Perunggu dari beberapa kelas yang dilombakan dan bertengger di posisi 16 dari 32 kabupaten. 

Kendati demikian, Kusbandono, Ketua NPCI Jember meminta maaf kepada seluruh masyarakat Jember karena belum bisa memberikan hasil yang maksimal dalam gelaran tersebut.

"Saya atas nama atlet dan official Kontingen NPCI Jember mohon maaf kepada masyarakat Jember karena belum bisa berbuat banyak di event Peparprov Jatim 1 ini," ujarnya kepada beberapa awak media saat jumpa pers, Selasa (25/5/2021) di Kita Satu Cafe, Jember.

Kusbandono menerangkan, dalam ajang Peparprov Jatim ke-1 ini pihaknya didukung penuh oleh warga Jember baik secara perorangan ataupun lembaga. 

"Rasa syukur atas dukungan yang luar biasa dari masyarakat Jember, kami terbantu sekali oleh semua pihak yang ada di kabupaten Jember," imbuhnya 

Ia juga memaparkan, NPCI Jember dibantu dari mulai seleksi hingga pemusatan latihan selama dua bulan oleh masyarakat.

Selain itu, dukungan juga diberikan penuh oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember, mulai dari keberangkatan hingga kepulangan semua atlet. 

"Support dari dispora juga sangat luar biasa. Selain sumbangan dan bantuan sebelum berangkat dibantu masyarakat Jember," katanya. 

Selain itu, Kusbandono juga memaparkan harapannya ke depan supaya Pemerintah Kabupaten Jember dapat merealisasikan amanat dari Perda Disabilitas.

"Harapan kami ke depan khusus untuk olahraga bisa mengakses dana hibah karena itu merupakan hak dari penyandang disabilitas sesuai dengan Perda termasuk juga Perbupnya, sehingga kalau bisa mengakses dana hibah kami bisa pengelolaan mandiri, tidak hanya mengharapkan bantuan dari donatur untuk pembinaan dan latihan," harapnya.

Senada, Ahmad Fauzi, Sekretaris NPCI Jember menerangkan target ke depan NPCI Jember akan terus melakukan inovasi dan pengembangan bakat. 

"Event Peparprov Jatim 2021 ini menjadi bahan evaluasi kami, untuk meningkatkan sumber daya internal kami, termasuk pengurus dan para atletnya juga," tuturnya.

"Kami juga melakukan upaya menggelar kejuaraan kabupaten kedua untuk menjaring dan menampung para atlet yang ada di Kabupaten Jember," lanjutnya. 

Sementara itu, Rio selaku ketua kontingen menerangkan kesannya dalam gelaran acara tersebut.

Ia mengatakan NPCI Jember memberangkatkan 30 orang yang terdiri dari 19 atlet dan 11 official. 

"NPJ Provinsi hanya menanggung 13 atlet, sedangkan kita ada 30, sisanya yang 17 ini seperti ada gap. Kami melakukan inisiasi dengan pindah ke hotel yang lebih dekat dengan hotel yang utama dan dekat dengan tempat acara," katanya sambil tersenyum menerangkannya.

Untuk diketahui, inilah rincian atlet NPCI Jember yang berhasil mendapatkan medali:

Emas 

1. Zainul Arifin - Lompat Jauh Putra Lower 44

Perak

1. Nabila Faizatur Rahmah - Lompat Jauh Putri Rungu Wicara
2. Toni M Rizal - Badminton Putra Daksa Cenol

Perunggu

1. Ahmad Baidhowi - Lari 400 Meter Daksa Lower 44
2. Serly Maulinda - Tolak Peluru Putri Rungu Wicara
3. Frety Bestidiah Batara - Lari 100 Meter Putri Rungu Wicara
4. Siti Farida - Lempar Cakram Putri Lower 42
5. Sadiman-Tenis Meja Putra Daksa Lower 4
6. Agus Sabirin- badminton Putra Daksa Upper.

Itulah para atlet NPCI Jember yang berhasil mendapatkan medali dalam Peparprov Jatim 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES