Peristiwa Daerah

Banyuwangi Punya RTH di Pemakaman Umum, Berani Berkunjung?

Jumat, 04 Juni 2021 - 18:41 | 149.86k
Suasana ruang terbuka hijau di depan tempat pemakaman umum. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Suasana ruang terbuka hijau di depan tempat pemakaman umum. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemandangan tak biasa terlihat di Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Di sudut jalan raya setempat terdapat sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Jika biasanya RTH berada di tanah lapang atau lokasi yang strategis, namun di Desa Sarimulyo RTH tersebut berada persis di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik desa setempat. Bahkan bisa dibilang gandeng, hanya disekat oleh tembok yang memisahkannya.

Alih-alih membuat tempat untuk bersantai, berkegiatan dan berkumpul masyarakat, justru RTH yang berada satu kompleks dengan rumah masa depan itu malah terkesan seram dan menakutkan.

Belum lagi lokasi yang menjorok ke sempadan sungai dan aroma wangi dari bunga kuburan membuat aura RTH menjadi semakin mistis dan horor.

RTH Banyuwangi 1

Penampakan RTH di depan makam yang terletak tepat di pinggir jalan raya Banyuwangi-Jember itu pun mendapat respon beragam dari masyarakat.

Salah satunya adalah Sugi Purnomo (27), menurutnya pembangunan RTH di depan makam tersebut malah membuat warga enggan untuk berkunjung.

"Fasilitas ruang terbuka hijau bagi masyarakat yang ditaruh di situ kesannya malah seram, apalagi kalau malam hari," kata Sugi, Jumat (4/6/2021).

Pantuan TIMESIndonesia, RTH yang dibangun sekitar bulan April ini terlihat sepi pengunjung. Bukan hanya di malam hari namun juga di siang hari. Tak hanya itu, fasilitas pendukung juga belum ada di lokasi tersebut.

Sementara itu Kepala Desa Sarimulyo, Didik Eko Andriyanto mengatakan pemilihan makam sebagai lokasi Euang Terbuka Hijau merupakan ikhtiar untuk merubah image masyarakat tentang makam yang terlihat seram.

"Jadi jangan sampai makam itu terlihat angker atau seram. Saya inginya RTH itu seperti di depan taman makam pahlawan Banyuwangi," kata Didik kepada TIMESIndonesia.

Menurut Didik, penempatan RTH di depan makam tersebut, sudah melalui hasil musyawarah desa dan musyawarah Dusun.

"Tujuan dari RTH itu adalah untuk memfasilitasi masyarakat yang berkegiatan di sana, seperti nyekar sebelum bulan puasa dan hari raya kemarin," cetus Didik.

RTH Banyuwangi 2

Rencananya, kata Didik, pihak desa akan menambah fasilitas yang ada di lokasi tersebut, mulai dari wifi, taman bermain untuk anak-anak hingga menambah lampu hias dan penerangan.

"Di situ sudah komplit, ada musholla, ada gazebo juga. Tahun depan kita akan menambah berbagai fasilitas disana. Agar lebih terlihat indah dan tertata saja," ungkap Didik.

Didik berharap fasilitas RTH yang ada di depan TPU ini nantinya bisa dimanfaatkan sebagai lokasi kegiatan masyarakat. Terlebih bagi masyarakat Desa Sarimulyo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Jadi, apakah anda berminat dan berani berkunjung ke RTH yang terletak di depan Tempat Pemakaman Umum Desa Sarimulyo ini? Yuk rasakan sensasinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES