Peristiwa Daerah

Hadiri HVEIAA, Polije Ikuti Pembahasan One Health di Bidang Pertanian

Rabu, 09 Juni 2021 - 18:01 | 36.03k
Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar saat memberikan sambutan dalam gelaran HVEIAA (FOTO: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)
Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar saat memberikan sambutan dalam gelaran HVEIAA (FOTO: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERPolije (Politeknik Negeri Jember) mengikuti event tahunan The Higher Vocational Education Internasional Alliance for Agri-husbandry (HVEIAA) 2021 yang digelar secara daring di Polije, Rabu (9/6/2021).

Direktur Polije Saiful Anwar mengatakan, HVEIAA tersebut membahas sejumlah isu strategis dalam bidang kesehatan pertanian dan peternakan.

Salah satunya yakni konsep one health.

Saiful menerangkan, konsep tersebut bertujuan untuk mencapai kesehatan yang optimal dengan membahas antara keterkaitan kesehatan manusia dan kesehatan hewan yang hidup berdampingan dalam ekosistem secara selaras. 

"Agenda utama dalam pertemuan hari ini secara khusus membahas perkembangan pertanian dan peternakan, dikaitkan dengn isu global yaitu isu lingkungan," kata Anwar.

Ia juga mengatakan hal ini menjadi poin penting untuk seluruh dosen dan keluarga besar Polije untuk dapat berkiprah di level internasional dalam rangka mempresisikan keilmuannya khususnya di bidang pertanian dan peternakan. 

"Ini adalah bagian dari aktualisasi Polije dalam dalam rangka mewujudkan Polije menjadi Politeknik yang unggul di Asia pada tahun 2035," ujarnya. 

Senada, Nantil Bambang Eko, Wakil Direktur IV Bidang Kerja Sama Polije memaparkan, Polije gencar mengikuti forum kerja sama, khususnya di bidang pertanian dan peternakan diikuti berbagai negara. 

"Beberapa yang hadir hari ini dari Australia, Tiongkok, dan beberapa negara yang lainnya termasuk Indonesia dalam hal ini adalah Polije," kata dia. 

Ia mengungkapkan, Polije terus konsisten aktif dalam gelaran yang dibentuk sejak 2018 ini.

Bahkan, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan saat pandemi Covid-19 berakhir, Polije akan menjadi tuan rumah untuk gelaran internasional tersebut.

"Awal pembentukan di Tiongkok pada 2018 Polije hadir, untuk setiap tahun ada pertemuan. Namun, karena adanya Covid-19 sekarang dilakukan secara daring. Harusnya sekarang Australia menjadi tuan rumah," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES