PPKM Darurat, PT KAI Daop 2 Bandung Tambah Layanan Rapid Test Antigen

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 menambah 4 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen. Dengan demikian, total pelayanan Rapid Test Antigen terdapat di 8 stasiun di wilayah operasi PT KAI Daop 2 Bandung.
"Penambahan ini, merupakan langkah KAI khususnya Daop 2 untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021," ujar Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo kepada TIMES Indonesia, Jumat (9/7/2021).
Advertisement
Seorang petugas kereta api mengamati petugas PPKA memberikan isyarat keberangkan kereta dari stasiun Tasikmalaya (FOTO:Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Penambahan 4 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp85.000 ini merupakan Sinergi BUMN antara PT KAI dan Indofarma.
Empat stasiun tambahan yang melayani Rapid Test Antigen di antaranya Stasiun Cimahi, Cipeundeuy, Cibatu dan Purwakarta. Adapun 4 stasiun yang sebelumnya telah melayani Rapid Test Antigen yaitu Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Banjar.
Kuswardoyo mengimbau kepada calon pelanggan yang akan melakukan Rapid Test Antigen di stasiun agar merencanakan dengan baik antara waktu Rapid Test Antigen dan jadwal keberangkatan untuk menghidari keterlambatan naik Kereta Api.
"Pada masa PPKM Darurat, KAI tetap menghadirkan layanan transportasi sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tetap harus bepergian dan khusus di Stasiun Bandung diadakan secara random Rapid Test Antigen bagi pengguna KA Lokal KRD Bandung Raya," katanya.
Daftar stasiun yang melayani test Rapid Antigen, salah satunya adalah Stasiun Kereta Api Tasikmalaya (FOTO: PT KAI Daop 2 Bandung)
Mulai 5 hingga 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.
Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.
Info selengkapnya terkait syarat perjalanan Kereta Api di masa PPKM Darurat, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center PT KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Ronny Wicaksono |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |