Peristiwa Daerah

Sejumlah Santri di Banyuwangi Diduga Keracunan Makanan

Kamis, 07 Oktober 2021 - 13:00 | 144.61k
Para santri perempuan yang diduga mengalami keracunan makanan (Foto: dok TIMES Indonesia)
Para santri perempuan yang diduga mengalami keracunan makanan (Foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sejumlah santri di Pondok Pesantren Al Azhar Tembokrejo di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diduga keracunan makanan basi.

Informasi yang diterima TIMESIndonesia, para santri tersebut keracunan setelah mengkonsumsi nasi goreng yang dijual dari koperasi pondok, sisa dari market sekolah.

Kemudian pada malam harinya, nasi goreng itu dibeli oleh para santri. Namun ternyata tiba-tiba saat pagi hari mereka mengeluhkan sakit pada perut, muntah hingga diare. 

Meski begitu, pihak pondok pesantren membenarkan ada santri yang sakit, namun menolak jika peristiwa yang menimpa santrinya itu disebut sebagai sebuah insiden keracunan massal.

"Tidak ada apa-apa hanya sakit perut, mencret. Ada sekitar empat orang,"  kata Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar Tembokrejo, Muncar, KH. Abdillah As'ad kepada TIMESIndonesia, Kamis (7/10/2021).

Menurut kiai yang kerap disapa Gus As'ad itu, para santri memang setiap hari selalu makan pagi. Namun pada saat kejadian itu, pihaknya belum mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya dikonsumsi oleh para santri.

Santri-Keracunan-2.jpg

"Saya sendiri kurang begitu paham karena posisi masih di Jember," ungkap Gus As'ad.

Sedangkan untuk penanganan medis dari ke-empat orang santri itu, pihak Ponpes Al Azhar sudah menyediakan tim kesehatan  khusus dari pondok.

"Tidak sampai ke puskesmas. Kami ada tim medis khusus, baru kalau darurat kita bawa," tandas Pengasuh Ponpes Al Azhar Tembokrejo, Muncar, KH. Abdillah As'ad.

Sementara itu pihak Puskesmas Tembokrejo, Kecamatan Muncar, belum memberikan keterangan terkait kejadian dugaan keracunan yang menimpa para santri Ponpes Al Azhar.

Diketahui, informasi soal dugaan keracunan sejumlah santri di Pondok Pesantren Al Azhar Tembokrejo Muncar itu sempat membuat heboh warga Banyuwangi.

Informasi itu dengan cepat menyebar melalui WhatsApp Grup. Bahkan setelah kabar itu viral, jajaran forpimka mulai dari Kapolsek, Danramil hingga pihak kecamatan langsung cek lapangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES