Memasuki Musim Penghujan, KAI Daop 3 Perkuat Pondasi Rel Kereta

TIMESINDONESIA, CIREBON – PT KAI Daop 3 Cirebon telah melaksanakan berbagai program perbaikan dan penguatan pendukung pondasi tubuh badan rel di berbagai titik sebagai antisipasi memasuki musim penghujan pada 2021.
Selain itu, KAI Daop 3 menyiapkan mekanisme manajemen Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dalam mengantisipasi kejadian atau bencana alam yang tidak diinginkan.
Advertisement
Dimulainya musim penghujan pada bulan November, PT KAI Daop 3 Cirebon mengambil langkah–langkah antisipasi agar kejadian alam seperti banjir tidak menggangu kemanan dan demi kelancaran perjalanan kereta api.
"Kita telah mempunyai data mengenai prediksi cuaca di berbagai wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang selalu diperbaharui setiap harinya,"ujar Suprapto, sebagai Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rabu (3/11/2021).
Dijelaskannya, Wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon memiliki 30 stasiun yang terbentang dari Stasiun Tanjungrasa (Subang), Stasiun Jatibarang (Indramayu), Stasiun Cirebon, Stasiun Brebes hingga Stasiun Songgom.
Dengan total panjang rel sepanjang 549 km, dan terdapat 3 titik lokasi yang menjadi potensi terjadinya banjir, diantaranya adalah :
1. Di Km 86 – 87 antara Stasiun Cikampek – Stasiun Tanjungrasa.
2. Di Km 174 – 177 anatara Stasiun Tanjung – Stasiun Brebes.
3. Di Km 185 – 187 antara Stasiun Losari – Stasiun Tanjung.
"Kita berharap peran serta aktif dari masyarakat di sekitar jalur lintasan rel agar ikut membantu dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan KA,"paparnya.
Sebagai antisipasi kejadian alam ini, pihak PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan management resiko bernama AMUS (Alat Material Untuk Siaga) yang ditempatkan di sembilan titik strategis.
Lanjut ia, kesembilan titik tersebut adalah Stasiun Pabuaran, Stasiun Pegadenbaru, Stasiun Telagasari, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Luwung, Stasiun Sindanglaut dan Stasiun Ciledug.
Ia pun berharap, Semoga jalinan komunikasi dan keperdulian antara PT KAI dan masyarakat sekitar jalur rel yang telah terjalin baik selama ini, akan terus ditingkatkan di masa yang akan datang. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |