Peristiwa Daerah

Yade Setiawan Ujung Perwira Polri Jabat Kasubdit Cyber BIN

Sabtu, 08 Januari 2022 - 11:24 | 304.17k
Kombes Pol Yade Setiawan Ujung SH.SIK, M.Si  menjabat Kasubdit Cyber BIN. (FOTO: Dok TIN)
Kombes Pol Yade Setiawan Ujung SH.SIK, M.Si menjabat Kasubdit Cyber BIN. (FOTO: Dok TIN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kombes Pol Yade Setiawan Ujung SH.SIK, M.Si merupakan sosok perwira polisi yang penuh prestasi. Pria yang kini menjabat Kasubdit Cyber Badan Intelejen Negara (BIN) ini banyak menorehkan prestasi yang berpengalaman dalam bidang reserse. 

Yade Setiawan Ujung, lulusan Akpol 2000 ini pernah menjabat sebagai Kapolres Malang dan Wakapolrestabes Bandung. Ia kerap memperoleh prestasi bergengsi diantaranya Penerima penghargaan sebagai Pelopor Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) & Pelopor Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Penerima Pin Emas Kapolri Pelayanan Publik "Prima" yang merupakan derajat tertinggi pelayanan publik, Penerima Pin Emas Kapolri Operasi Tinombala Sulteng, Penghargaan dari Unit Kerja Presiden PIP, penghargaan Kapolres Teladan dari Lemkapi, dan Pengelolaan DIPA terbaik dari KPPN. Selain sebagai praktisi kepolisian dan aktif di birokrasi dia juga merupakan seorang penulis. Buku yang sudah diterbitkan diantaranya "Bhayangkara di Bumi Arema". 

Yade Setiawan Ujung mengenyam pendidikan sekolah dasar di Sidikalang Kabupaten Dairi berlanjut ke SMP Negeri 1 Sidikalang. Kemudian menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Sidikalang. Setelahnya Ujung diterima di AKABRI Kepolisian dan lulus pada tahun 2000. Tahun 2002 Ujung menyelesaikan pendidikan sarjana di Unisri Surakarta dan meraih gelar SH dengan predikat Cumlaude, lanjut menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta tahun 2007 dan meraih Strata 1 dalam bidang Police Studies juga dengan predikat Cumlaude. Pendidikan magister S2 mampu diselesaikan di Universitas Indonesia dengan predikat Cumlaude. Saat ini Ujung sedang menempuh program Doktoral di bidang Administrasi Publik di Universitas Padjajaran Bandung.

Yade Setiawan Ujung pun banyak mendapatkan medali yakni Bintang Tri Sakti Wiratama Emas (terbaik tk III Akpol) (2000), Bintang Wiyata Cendekia (lulusan terbaik Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta) (2007), Bintang Lulusan Terbaik Sespimmen (2014), Pin Emas Kapolri Ops Tinombala, dan Pin Emas Kapolri Pelayanan Prima. 

Tak hanya itu, sejumlah inovasi juga dicetuskan Yade Setiawan Ujung selama berkarir di kepolisian diantaranya merumuskan Program 77 Unggul Polres Malang yang merupakan penjabaran Promoter Kapolri di level Polres, menggagas Aplikasi Malang E-Policing (MEP), Malang Integrated Command Center (MICC), 1000 Eyes CCTV, dia juga membuat MoU Pencegahan Penanganan Dana Desa bersama Pemkab Malang dalam rangka mencegah penyalahgunaan dana desa, Effective Patrol in Preventing Crime, pemrakarsa Criminal Justice System Online bersama Kejati dan Pengadilan Negeri Malang, Pemrakarsa Jumatan Keliling Bhabinkamtibmas, Program Weekly Coffe Morning sebagai sarana kelola konflik sosial, Pemrakarsa Mekanisme Penjagaan Tahanan: Daily Checklist Checking & Report, Program Bhabinkamtibmas 1000 Kawan, Perumahan Malang Bhayangkara Residence dan menulis Buku Bhayangkara di Bumi Arema.

Yade Setiawan Ujung yang kini menjabat Kasubit Cyber BIN, ini juga tercatat menerima penghargaan Anugerah TIMES Indonesia sebagai Tokoh Pria Teladan Malang (2020). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES