Peristiwa Daerah

Mal Pelayanan Publik Siola Suguhkan Pelayanan Ramah dan Kilat di Surabaya

Sabtu, 19 Februari 2022 - 13:27 | 121.46k
Mal Pelayanan Publik Siola Surabaya. (FOTO: dok Times Indonesia)
Mal Pelayanan Publik Siola Surabaya. (FOTO: dok Times Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pelayanan yang nyaman untuk masyarakat Kota Surabaya menjadi kata kunci atau tolak ukur keberhasilan Pemkot Surabaya. Maka dari itu Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melakukan kunjungan Mal Pelayanan Publik Siola.

Setibanya di sana, Eri melakukan pengecekan di lantai tiga Gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya. Dirinya berkeliling untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang ada di sana berjalan tanpa menyulitkan warga.

Advertisement

Kemudian, menuju Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP) dan menuju lantai dasar Mal Pelayanan Publik Siola.

"Kalau ada orang yang ingin jalan-jalan dan mengurus KTP ke Surabaya, bisa datang ke Siola dan dalam waktu satu hari harus jadi. Ini yang saya siapkan, tempat pelayanannya pun juga harus nyaman," ujarnya setelah berkeliling.

Selanjutnya, ia meminta agar nantinya setiap orang yang datang ke Surabaya sudah mengetahui lokasi dan kawasan yang tepat untuk bisnis, pengembangan perdagangan, hingga lokasi industri strategis terkait dengan klinik investasi yang berada di Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP).

"Orang ke Surabaya itu harus tahu, maka harus ada petanya. Jadi saya minta ada informasi visual melalui video, agar orang yang datang itu sudah tidak perlu bertanya lagi dan yang menjelaskan adalah orang yang memang mengerti terkait bagaimana mengembangkan Kota Surabaya," paparnya.

Lebih dari itu, dalam kesempatan ini Eri juga mengatakan bahwa dirinya menginginkan warga Surabaya bisa menjadi bagian dari UMKM dengan membuat bisnis sendiri. Seperti alat bangunan, pembuatan paving, dan lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar APBD Kota Surabaya tahun 2022 nanti bisa difokuskan pada ekonomi kerakyatan.

"Saya ingin masyarakat itu bisa merasakan bahwa ekonomi kerakyatan yang ada di Surabaya ini berjalan. Termasuk menggerakkan UMKM itu pelayanannya seperti apa, contohnya dengan melakukan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha)," tambahnya.

Sebelumnya, Eri tak pernah menduga bahwa pelayanan yang tersedia di Mal Pelayanan Publik Siola berjalan dengan sangat cepat. Sehingga, memudahkan warga dalam mengurus adminduk maupun perizinan usaha.

"Alhamdulillah dengan adanya perubahan pelayanan, tadi warga mengatakan bahwa jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat dari tahun kemarin. Mereka semua merasa nyaman dan merasa cepat mendapat pelayanan," ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Ia terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat. Namun, administrasi kependudukan dan perizinan menjadi fokus utama Eri.

Dengan demikian, ia berharap melalui pembenahan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tersebut, masyarakat Surabaya juga memberikan dukungan untuk mempercepat pelayanan.

Pihaknya menambahkan bahwa ia juga akan melakukan pengecekan terhadap pelayanan kesehatan dengan mengunjungi puskesmas dan rumah sakit. Ia juga menegaskan bahwa hal tersebut harus diimbangi dengan koreksi dari warga agar pihaknya dapat melakukan evaluasi.

Di samping itu, warga Kecamatan Siwalankerto Kota Surabaya, Liem Mei Nio Mudji Muliani mengaku sangat puas dengan pelayanan yang ada di Mall Pelayanan Publik Siola. "Saya mengurus perizinan membuat usaha dan ternyata sangat mudah sekali, sangat cepat. Jadi saya tidak menyangka kalau surat izin itu langsung jadi," katanya.

Menurutnya, para petugas memberikan pelayanan dengan sangat ramah. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Surabaya yang telah mempermudah masyarakat dalam mengakses surat perizinan.

"Saya senang sekali dengan program beliau, terima kasih kepada Bapak Wali Kota Eri Cahyadi untuk kemudahan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa bekerja dengan mudah dan nyaman di Mal Pelayanan Publik Siola," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES