Peristiwa Daerah

Gandeng PMI Cegah Covid-19, Perkumpulan Pelajar Jakarta Utara Siap Gelar Vaksinasi Booster

Kamis, 24 Februari 2022 - 22:56 | 61.90k
Perkumpulan ikatan pelajar Jakarta Utara saat gelar vaksinasi sebelumnya. (FOTO: Dok. PMI Jakarta Utara)
Perkumpulan ikatan pelajar Jakarta Utara saat gelar vaksinasi sebelumnya. (FOTO: Dok. PMI Jakarta Utara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkumpulan Ikatan Ikatan Pelajar Jakarta Utara (PERKAPJU) bakal gelar donor darah dsn vaksinasi tahap tiga untuk jenis vaksin Booster (Moderna). Rencana tersebut menggandeng PMI Jakarta Utara pada Sabtu, 26 Februari 2022.

Kordinator PERKAPJU, Agustono saat dihubungi TIMES Indonesia Kamis malam (23/2/2022) menjelaskan para keluarga besar alumni tersebut mengajak masyarakat terutama yang telah suntik vaksin dosis 1 dan 2 (Sinovac dan Astrazeneca) di Gedung PMI Plumpang Semper  sebagai upaya pencegahan pandemi Covid-19.

Advertisement

"Saat ini Perkapju mengajak para alumni untuk berperan serta membantu masyarakat dengan menggandeng stakeholder penyelenggara vaksinasi sebagai upaya menekan pandemi Covid-19," katanya, Kamis (24/2/2022). 

Perkumpulan-ikatan-pelajar-Jakarta-Utara-saat-gelar-vaksinasi-sebelumnya-2.jpg

Agustono juga mengatakan bahwa Perkapju telah bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. Bahkan sejauh ini telah melaksanakan vaksinasi ke 31 kelurahan di Jakarta Utara dan daerah lain. Bahkan vaksinasi mobile didaerah yang belum mencapai target vaksinasi.

"Vaksinasi mobile pernah kami lakukan ke lebih dari 31 kelurahan di Jakarta Utara dan sekitarnya, hingga kami pernah masuk rekor MURI," jelasnya.

Sementara salah satu panitia, Yanti, yang bertindak sebagai narahubung mengajak masyarakat terutama keluarga besar Perkapju untuk ikut mensukseskan program vaksinasi ini.

"Hai sahabat, datang ya para keluarga alumni untuk vaksin tahap ketiga, jadi segera daftar," katanya. 

Disebutkan juga bahwa ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan vaksin Booster. Diantaranya adalah sudah mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2 baik itu sinovac maupun astrazeneca, sudah enam bulan sejak diberikan vaksin dosis 2, dan sudah ada nomor e-ticket di dalam aplikasi Pedulilindungi.

Sedangkan untuk donor, sehat jasmani dan rohani, berusia 17 sampai dengan 65 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah sistole 100 - 170 dan diastole 70 - 100,  dan mempunyak kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%.

Yanti juga mengingatkan vaksinasi yang digelar di gedung PMI Jakarta utara akan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 5M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES