Penetrasi Pasar Home Appliances di Surabaya, Beko Kuatkan Layanan Purna Jual

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perusahaan elektronik Beko mulai gencar melakukan penetrasi pasar di Surabaya dan sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim).
Keputusan Beko untuk fokus mengembangkan pasar di Wilayah Jatim khususnya Surabaya ini, bukan tanpa alasan.
Advertisement
Sales Director PT Beko Appliances Indonesia, Arief Setiawan mengatakan, kehadiran Beko di Kota Pahlawan adalah wujud komitmen perusahaan untuk terus menghadirkan perangkat rumah tangga yang mendukung penggunanya menjalani hidup sehat kepada lebih banyak orang.
Arief memaparkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan perekonomian di Wilayah Jawa Timur pada triwulan 2 tahun 2021 tumbuh 7,05%.
Sementara data yang dihimpun BPS Surabaya pada 2020 menunjukkan bahwa saat ini Generasi Milenial dan Generasi Z tengah mendominasi jumlah penduduk di Surabaya.
Artinya, Jawa Timur khususnya Surabaya, memiliki potensi pasar yang baik untuk terus tumbuh, didukung oleh peningkatan daya beli dan dominasi masyarakat di usia produktif.
Sejak kehadirannya di Indonesia pada 2018 lalu, Beko berupaya untuk terus memperkuat penetrasinya di tanah air.
"Surabaya menjadi salah satu fokus utama kami, mengingat area ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia," katanya saat konferensi pers, Jumat (11/3/2022).
Dia juga melihat jika antusiasme masyarakat terhadap produk Beko di Surabaya tumbuh positif. Sejak pertama kali Beko memasuki Wilayah Jawa Timur di tahun 2020, angka penjualan di Jawa Timur mengalami pertumbuhan hingga 6 kali lipat.
"Jatim menyumbang kontribusi penjualan sebanyak 15% dari total penjualan Beko di Indonesia,” ungkapnya.
Arief menambahkan, keberhasilan Beko untuk meningkatkan penetrasi di Surabaya tak lepas dari relevansi rangkaian produk Beko dengan kebutuhan masyarakat saat ini.
Mulai dari lemari es berkapasitas 370-400 liter berteknologi HarvestFresh, yang membawa sinar tiga warna cahaya layaknya siklus sinar matahari dalam sebuah crisper.
Teknologi ini melindungi kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur agar tetap terjaga sehingga memungkinkan pengguna untuk juga lebih bijak dalam mengolah asupan bergizi, serta mengurangi penumpukan sampah makanan yang saat ini tengah menjadi isu lingkungan.
Sementara di masa pandemi, kebutuhan akan perangkat yang mendukung higenitas kian diminati. Perangkat pembersih udara jadi kebutuhan baru di setiap rumah. Air Purifier dari Beko dilengkapi 3 lapisan filter Hepa 13. Perangkat ini telah teruji oleh Airmid mampu mengurangi virus Influenza A (H1N1) di udara hingga 99,9% dalam waktu 30 menit.
Dengan memiliki nilai EER (Energy Efficiency Ratio) 16.11, menggunakan refrigerant R32 yang memiliki tingkat kedinginan lebih tinggi serta sertifikasi 4 Star Energy Label membuat AC Beko semakin ramah terhadap energi, biaya listrik dan lingkungan.
"Tidak hanya pembersih udara, memiliki pendingin ruangan yang membuat anggota keluarga nyaman juga menjadi suatu kebutuhan," ungkap Arief seraya memaparkan jika penjualan AC Beko di perkotaan cukup tinggi.
Sementara perangkat sterilisasi HygieneShield Cabinet Sterilizer dari Beko terbukti membantu membunuh bakteri dan virus termasuk Human Ccoronavirus 229E, Eschercia Choli, dan Staphylococcus Aureus, yang menempel di permukaan berbagai benda.
Penggunaannya pun mudah dan hadir dengan desain apik, yang membuatnya cocok ditempatkan di area rumah manapun.
Mendukung gaya hidup kekinian, Beko juga menghadirkan rangkaian produk coffee maker yang disesuaikan dengan jenis olahan dan karakter penikmat kopi yang beragam – mulai dari Beko Coffee Machine CFM4350B yang ringkas, Beko Espresso Maker CEP5152B dan CEG5311X untuk penikmat coffee latte dan cappuccino, hingga Beko Coffee Machine CEG5331X dan Beko Turkish Coffee Machine TKM 8961 yang menyukai karakter kopi yang pekat.
Arief kembali memaparkan, Beko memang hadir dengan teknologi terdepan, dan mampu mendukung penggunanya menjalani hidup yang lebih sehat, higenis dan berkelanjutan. Juga, kesigapan layanan purna jual yang andal, yang menjadi strategi Beko dalam memperkuat eksistensinya di Surabaya.
Customer Care Manager Beko Indonesia, Tyo Sulistyo menambahkan, Beko akan memberikan pengalaman terbaik pada konsumen di setiap fase perjalanan penggunaan produk pabrikan Turki yang telah menjadi merek peralatan rumah tangga freestanding terdepan di Wilayah Eropa tersebut.
"Mulai dari pembelian, pemasangan, layanan bantuan, hingga dukungan jika terjadi kerusakan, menjadi tujuan utama kami," jelas dia.
Faktanya, peran costumer care sangat penting dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna.
"Inilah mengapa, Beko berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen di Indonesia, khususnya Surabaya, melalui kehadiran sumber daya dan infrastruktur terbaik, yang memudahkan konsumen untuk menjangkau layanan kami,” tambahnya.
Beko juga memberikan kemudahan akses bagi konsumennya, Beko menghadirkan layanan telpon bebas pulsa atau chat via aplikasi WhatsApp.
Tak hanya itu, Beko juga memberikan kenyamanan dan ketenangan lebih bagi konsumennya, dengan menghadirkan periode garansi yang panjang pada rangkaian produk unggulannya yaitu 3 tahun servis dan suku cadang dan 12 tahun untuk ProSmart Inverter, ProSmart Compressor dan ProSmart Inverter Compressor. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Wahyu Nurdiyanto |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |