Peristiwa Daerah

Jombang Republik Santri, Berikut Nama-nama Pesantren yang Terdaftar di Kemenag RI

Jumat, 15 Juli 2022 - 17:37 | 142.04k
Suasana saat ribuan santri di Kabupaten Jombang melakukan sholat Istisqo, di Lapangan Kampus Unhasy Tebuireng, Jombang. Senin (30/9/2019) lalu. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Suasana saat ribuan santri di Kabupaten Jombang melakukan sholat Istisqo, di Lapangan Kampus Unhasy Tebuireng, Jombang. Senin (30/9/2019) lalu. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabupaten Jombang, Jawa Timur merupakan sebuah kabupaten yang populer dengan julukan 'Kota Santri'. Bukan tanpa sebab julukan itu muncul mengingat banyaknya Pondok Pesantren yang menjamur di kota kelahiran Gus Dur tersebut.

Setidaknya dari data yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang ada sekitar 203 Pondok Pesantren yang diakui dan sah beroperasi serta menjalankan aktifitas kepesantrenan saat ini.

Saking banyaknya, Pesantren yang ada di Jombang setiap tahunnya mampu mengakomodir ribuan santri dari berbagai penjuru Nusantara. Sudah selayaknya jika sekarang dijuluki Jombang Republik Santri.

Gelar Republik Santri yang disandang Kabupaten Jombang memang tidak berlebihan. Mengingat 203 Pondok Pesantren tersebut telah tersebar di 19 Kecamatan dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang.

Artinya hampir semua Kecamatan di Kabupaten Jombang mempunyai Pondok Pesantren. Hanya tinggal 3 Kecamatan saja yang tidak ada lembaga pendidikan tersebut.

"Yang resmi dan tercatat di Kemenag Jombang ada 203 Pondok Pesantren pada tahun 2022 ini," kata Ilham Rohim Kapala Seksi Bimas Islam Kemenag Jombang kepada TIMES Indonesia, Jum'at (15/7/2022).

Berikut Nama-nama Pondok Pesantren yang terdaftar di Kemenag Jombang Tahun 2022.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES