Peristiwa Daerah

Gubernur DIY: JFW Jadi Pintu Masuk Industri Fashion di Yogyakarta

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 22:38 | 31.09k
Fashion Show salah satu agenda dalam Jogja Fashion Week (JFW) 2022. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Fashion Show salah satu agenda dalam Jogja Fashion Week (JFW) 2022. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAGubernur DIY Sri Sultan HB X berharap kegiatan fashion DIY bertransformasi ke arah industri agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi warga. Harapan ini disampaikan saat dialog bersama pelaku UMKM bidang fashion sebagai rangkaian acara Jogja Fashion Week (JFW) di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (27/8/2022).

Tranformasi kegiatan fashion ke dunia industri, diawali dengan berdirinya perusahaan bidang fashion. Cukup perusahaan berskala sedang, tapi dalam jumlah yang banyak. Serta bukan perusahaan yang bersifat padat modal sehingga warga DIY dapat turut bekerja.

Pemda DIY siap mendukung perubahan kegiatan fashion DIY ke dunia industri. Bentuk keseriusan ini antara lain sudah diwujudkan dengan membeli bekas Hotel Mutiara. Setelah dilakukan pembenahan, pada tahun 2024 akan dibuka sebagai ruang pamer berskala internasional.

Bentuk dukungan lain akan diwujudkan dengan penandatanganan kerja sama dengan brand fashion internasional. Kerja sama yang akan dilakukan Maret 2023, terkait pemasaran produk fashion DIY ke pasar internasional. Dalam hal ini produk fashion tidak terbatas pada busana, namun termasuk sepatu ,tas dan aksesoris lainnya.

Sultan berharap, dukungan dari Pemda DIY ini disambut positif oleh pelaku fashion dengan melakukan koordinasi. Sehingga peluang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai kota fashion dunia sebagaimana tema JFW ke- 16 tahun 2022.

"Semua potensi untuk menjadi kota fashion dunia, sudah dimiliki Yogyakarta," tegas Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Syam Arjayanti dalam laporannya mengatakan, kegiatan JFW tahun 2022 mengambil tema Karya Wastra  Bhineka. JFW 2022 digelar mulai 26 hingga 30 Agustus 2022. Tercatat 100 UMKM bidang fashion ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kegiatan juga melibatkan kalangan akademisi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten kota di DIY. Selain dialog, JFW juga dimeriahkan pameran produk UMKM, seminar dan fashion show. JFW 2022 menampilkan karya - karya desainer kondang dari Yogyakarta. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES