Peristiwa Daerah

Punya Ma’arif Care, Kesehatan Guru LP Ma’arif NU Banyuwangi Makin Terjamin

Senin, 26 September 2022 - 06:11 | 35.70k
Punya Ma’arif Care, Kesehatan Guru LP Ma’arif NU Banyuwangi Makin Terjamin
Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, saat melaunching program Ma’arif Care LP Ma’arif NU Banyuwangi. (FOTO: LP Ma’arif NU Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Inovasi demi penguatan serta kesejahteraan anggota terus dilakukan LP Ma’arif NU Banyuwangi, Jawa Timur. Kali ini, organisasi dibawah komando Zaki Al Mubarok ini mencetus Ma’arif Care. Program ini bertujuan demi meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap para guru madrasah, atau guru lembaga pendidikan dibawah naungan LP Ma’arif NU Banyuwangi.

“Disini kami bekerjasama dengan beberapa Dokter Praktik Pribadi (DPP), sehingga pelayanan kesehatan jadi lebih optimal,” kata Ketua LP Ma’arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok, Minggu (25/9/2022).

Program Ma’arif Care diresmikan langsung oleh Ketua Tanfidziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, pada Sabtu kemarin (24/9/2022). Kegiatan sakral tersebut dihadiri perwakilan guru LP Ma’arif NU Banyuwangi, serta perwakilan dokter.

Zaki-Al-Mubarok-2.jpgKetua LP Ma’arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok saat memberi sambutan dalam launching program Ma’arif Care. (Foto : LP Ma’arif NU Banyuwangi for TIMES Indonesia)

Gus Zaki menjelaskan Ma’arif Care merupakan solusi sekaligus jawaban atas harapan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi kalangan guru LP Ma’arif NU Banyuwangi.

Untuk tahap pertama, Ma’arif Carebekerjasama dengan DPP dr Nazwa, yang terletak di Jalan Raya Muncar, Jambean, Desa Kebaman, Kecamatan Srono. Ma'arif Care DPP dr. Nazwa akan mengcover faskes pertama guru LP Ma'arif NU Banyuwangi, di wilayah Kecamatan Srono, Cluring, Muncar dan Tegaldlimo.

Tahap kedua, Ma'arif Care bekerjasama dengan DPP dr. Fuad yang beralamat di Jalan Raya Rogojampi, Desa Gambor, Kecamatan Singojuruh. Pelayanan ini untuk Guru LP Ma'arif NU Banyuwangi, diwilayah Kecamatan Singojuruh, Sempu, Rogojampi dan Songgon.

Sedang tahap ketiga Ma'arif Care menggandeng DPP dr. Riza yang beralamat di Desa Kradenan, Kecamatan Purwoharjo. Ma’arif Care ini untuk tempat pelayanan kesehatan guru Ma'arif NU Banyuwangi, yang bedomisili di wilayah Kecamatan Purwoharjo, Bangorejo, Pesanggaran dan Siliragung.

KH-Ali-Makki-Zaini-4.jpgKetua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, saat sambutan dalam melaunching program Ma’arif Care LP Ma’arif NU Banyuwangi. (Foto : LP Ma’arif NU Banyuwangi for TIMES Indonesia)

“Kerjasama Ma'arif Care ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan faskes pertama BPJS Kesehatan guru Ma’arif NU Banyuwangi, yang nantinya bermuara rujukan ke RSNU Banyuwangi (Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Banyuwangi),” jelasnya.

dr. Nazwa, mewakili pihak rekanan program Ma'arif Care LP Ma’arif NU Banyuwangi, mengaku sangat antusias bisa menjadi program yang mendorong kesejahteraan tenaga pengajar. Menurutnya, kesempatan terlibat dalam sektor pendidikan merupakan sebuah kehormatan. Karena sektor pendidikan adalah sektor penting dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Kami sangat bahagia bisa bekerjasama dengan LP Ma'arif NU Banyuwangi dalam program Ma'arif Care, sebuah kehormatan tersendiri bisa menjadi bagian kesehatan guru-guru,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, berharap perjuangan LP Ma’arif NU Banyuwangi, dalam mendorong kesejahteraan guru madrasah bisa membawa dampak kemajuan dan peningkatan kualitas serta pelayanan sektor pendidikan. Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Rayud, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, ini juga mendoakan apa yang dilakukan pengurus LP Ma’arif NU Banyuwangi, para guru dan dokter rekanan, tercatat sebagai amalan baik.

“Titip kepada dr. Nazwa, dr. Fuad dan dr. Riza untuk seprofesional mungkin dalam melayani guru LP Ma'arif NU Banyuwangi, yang masuk dalam program Ma'arif Care,” tandasnya.

Dalam hitungan kasar, sedikitnya akan ada 4 ribuan guru LP Ma’arif NU Banyuwangi, yang akan tercover program Ma’arif Care. Sosialisasi terus menerus pun akan dilakukan demi optimalisasi program. Program ini juga mendapat dukungan sepenuhnya dari PCNU Banyuwangi dan RSNU Banyuwangi.

Untuk diketahui, launching program Ma’arif Care LP Ma’arif NU Banyuwangi, dimeriahkan acara bhakti sosial khitanan masal yang diikuti oleh 100 siswa LP Ma'arif NU. Pemeriksaan kesehatan gratis untuk guru dan pemeriksaan urologi dari RSNU Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES