Peristiwa Daerah

RSUD Pandega Pangandaran Gelar Edukasi Melalui Kelas Diabetes

Rabu, 28 September 2022 - 23:01 | 20.62k
RSUD Pandega Pangandaran Gelar Edukasi Melalui Kelas Diabetes
Paparan edukasi oleh salah satu narasumber pada kelas diabetes. (Foto: Novyanti Dumalang RSUD Pandega)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANRSUD Pandega Pangandaran telah melaksanakan kelas Diabetes Pandega di Ruang Gymnasium Lantai 4 Gedung C.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta kelas Diabetes Pandega yang terdiri dari pasien diabetes, keluarga pasien, bahkan masyarakat umum Pangandaran yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes.

Direktur RSUD Pangandaran Titi Sutiamah menjelaskan, kelas Diabetes Pandega ini diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap semakin banyaknya penyandang diabetes di masyarakat.

Kelas Diabetes Pandega ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan informasi maupun edukasi kepada masyarakat terkait penyakit Diabetes.

Harapannya adalah, agar masyarakat mampu mencegah penyakit diabetes maupun mencegah terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes.

"Diabetes tidak hanya diderita oleh orang tua atau yang sudah berusia lanjut saja, namun anak-anak dan remaja juga bisa terkena diabetes akibat pola hidup yang tidak sehat," kata Titi, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan kelas Diabetes Pandega ini terdiri dari pemberian informasi dan edukasi seputar penyakit diabetes oleh dokter spesialis.

RSUD-Pandega-Pangandaran-a.jpgPelaksanaan senam kelas diabetes di RSUD Pandega Pangandaran (Sumber Foto : Novyanti Dumalang RSUD Pandega)

Selain itu juga ada paparan dari tenaga kesehatan lainnya seperti ahli gizi, fisioterapis.

"RSUD Pandega Pangandaran juga mengadakan senam diabetes, pengecekan kesehatan, bahkan pemberian hadiah untuk lebih meramaikan kegiatan tersebut," tambah Titi.

Kegiatan kelas Diabetes ini dikonsep sedemikian rupa agar menciptakan kesan yang menyenangkan.

Peserta kelas Diabetes Pandega dibuat nyaman dan bahagia selama kegiatan berlangsung.

"Peserta yang ikut pada kelas Diabetes bisa mempraktekan hidup sehat sesuai informasi yang sudah diberikan di kelas di rumah masing-masing, jelas Titi.

RSUD Pandega Pangandaran berharap lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mengikuti Kelas Diabetes Pandega ini.

Melalui kegiatan kelas Diabetes, akan ada banyak kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa diikuti oleh masyarakat Pangandaran.

"Bukan hanya untuk penderita diabetes, masyarakat Pangandaran dapat bergabung menjadi peserta kelas Diabetes Pandega dengan cara ketik Nama (spasi) umur (spasi) alamat kirim melalui No whatsapp 082119367176," tutur Titi.

Kelas Diabetes Pandega Seri 2 akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2022 dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

Kedepannya Kelas Diabetes Pandega Pangandaran ini akan menjadi cikal bakal dibentuknya PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) unit Pandega.

Diabetes dan Cara Mencegahnya

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Kadar gula (glukosa) dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Bagaimana cara mencegah diabetes?

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena pemicunya belum diketahui. Sementara itu, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional dapat dicegah, yaitu dengan pola hidup sehat. Dilansir dari Alo Dokter, beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes di antaranya:

1. Mengatur frekuensi dan menu makanan menjadi lebih sehat

2. Rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik

3. Menjaga berat badan ideal

4. Beristirahat dan tidur yang cukup

5. Berhenti merokok

6. Menghindari konsumsi minuman beralkohol

7. Mengelola stres dengan baik

8. Rutin menjalani pengecekan gula darah, setidaknya sekali dalam 1 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES