Peristiwa Daerah

LP Ma'arif Banyuwangi Gelar Jelajah Santri Nusantara 2022

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 16:31 | 20.34k
Ketua PAC Ansor Cluring Fauzi Tanjungsari, didampingi KH. Ali Makki Zaini Ketua PCNU Banyuwangi dan Ketua LP Ma'arif Cabang Banyuwangi Zaki Al Mubarok melakukan pelepasan JSN di Lubang Buaya Monumen Pancasila Jaya Cemethuk (Foto : Anggara Cahya/TIMES
Ketua PAC Ansor Cluring Fauzi Tanjungsari, didampingi KH. Ali Makki Zaini Ketua PCNU Banyuwangi dan Ketua LP Ma'arif Cabang Banyuwangi Zaki Al Mubarok melakukan pelepasan JSN di Lubang Buaya Monumen Pancasila Jaya Cemethuk (Foto : Anggara Cahya/TIMES

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Menyambut Hari Santri Nasional 2022, Lembaga Pendidikan atau LP Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) dengan Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif NU Cabang Banyuwangi, gelar acara Jelajah Santri Nusantara 2022 atau JSN.

Acara yang juga memperingati HUT ke-93 LP Ma'arif NU dan satu abad Nahdlatul Ulama yang digelar Sabtu (1/10/2022) ini diikuti 2000 murid LP Ma'arif seluruh Banyuwangi yang terbagi 168 regu pramuka yang dinaungi LP Ma'arif dari tingkat SD/MI hingga SMP/MTs.

Karena bertepatan pada Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober. maka Gerakan Pramuka Pimpinan Satuan Komunitas Ma'arif NU atau Sakoma Cabang Banyuwangi mengelar start di Monumen Pancasila Jaya Lubang Buaya Cemethuk, Kecamatan Cluring dan finish di D'Jawatan Benculuk Banyuwangi.

PAC-Ansor-Cluring-b.jpgPenyerahan secara simbolis dari Kepala Desa Cluring Sunarto Eka Siswoyo kepada dua juru relawan Lubang Buaya Monumen Pancasila Jaya (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

Zaki Al Mubarok selaku Ketua LP Ma'arif Banyuwangi mengatakan, JSN diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia dengan mengenang perjuangan para Pemuda GP Ansor NU yang melawan kebengisan PKI, sekaligus menumbuhkan semangat anggota Sakoma Ma'arif NU.

Di samping itu, JSN diharapkan membentuk Penggalang dengan jiwa kuat, berkarakter dan juga wawasan kebangsaan yang berazaskan Ahlusunnah Waljamaah. "Selain itu juga sebagai modal awal menuju Jelajah Santri Nusantara tingkat wilayah Jawa Timur," ucapnya.

Dihadiri oleh Ketua PCNU Banyuwangi Kh. Ali Makki Zaini, acara digelar sangat meriah. Pada saat yang sama, para pemuda Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan juga Banser yang hadir dalam kegiatan namun dengan agenda yang berbeda. 

PAC-Ansor-Cluring-c.jpgPara peserta berjalan menuju D'Jawatan sebagai garis Finish (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

"Nah kita tidak tahu bila ada kegiatan yang barengan di Monumen Pancasila Jaya ini, jadi kita marger saja supaya saling mendukung, lagipula ini juga acara untuk NU, menjaga keharmonisan, mempererat hubungan dan menjaga tali silaturahmi," jelas Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cluring Fauzi Tanjungsari

Jelajah Santri Nusantara 2022 juga dibarengi dengan penyerahan sembako pada masyarakat yang secara simbolik diserahkan kepada juru relawan yang merawat Lubang Buaya Monumen Pancasila Jaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES