Peristiwa Daerah

World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024

Kamis, 06 Oktober 2022 - 22:42 | 22.93k
World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024
Emil Dardak saat memberikan sambutan usai ditunjuk sebagai Presiden EAROPH 2022-2024, Kamis (6/10/2022).(Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) World Congress 2022 menghadirkan kepala daerah dan pakar permukiman berbagai negara di Surabaya, Jawa Timur guna membahas kota masa depan pasca Covid-19. EAROPH juga menunjuk Dr. Emil Elestianto Dardak, MSc. sebagai Presiden EAROPH periode 2022-2024, setelah sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden selama dua tahun.

Kepemimpinan tertinggi EAROPH ini diserahkan saat pembukaan World Congress ke-28 di Hotel Shangri-La Surabaya oleh Ar. Yolanda David Reyes dari Filipina yang menjabat sebagai presiden di periode sebelumnya, Kamis (6/10/2022).

Emil-Dardak-b.jpgAr. Yolanda David Reyes dari Filipina menyerahkan estafet kepemimpinan kepada Emil, Kamis (6/10/2022).(Dok.Humas Pemprov Jatim)

Emil Elestianto Dardak menyampaikan sebuah wawasan di depan para peserta dan delegasi internasional.

Sebagai Presiden EAROPH 2022-2024, ia ingin memberikan perspektif dari pemerintah lokal dalam agenda EAROPH ke depan, dengan mengambil contoh Jawa Timur.

"Kami membangun daerah kami dengan kerja keras dari pemerintah lokal dan juga menyerap aspirasi masyarakat untuk mengejar pembangunan di dunia yang bergulir cepat, terutama setelah Covid-19," kata Wakil Gubernur Jatim ini.

Emil meyakini bahwa perencanaan selalu menjadi jawaban untuk masa depan yang dinamis, fleksibel dan agile. Maka dari itu, perencanaan perlu bersifat adaptif untuk mewujudkan masa depan kota dan pemukiman yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ar. Yolanda David Reyes menambahkan, menjadi Presiden EAROPH memberikan kewenangan istimewa untuk bisa membawa para pakar dan ahli di bidang arsitektur dan pemukiman bertaraf internasional untuk mencapai agenda EAROPH dalam memberikan perencanaan dan pembangunan tata ruang kota yang lebih baik.

"Hal ini sudah kami lakukan selama pandemi Covid-19. Sekarang saatnya kami mempercepat langkah untuk fokus ke perencanaan kota masa depan pasca pandemi ini," kata Yolanda.

Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) merupakan merupakan organisasi multi-sektor yang meliputi sektor privat, publik dan akademik.

Sejak didirikan tahun 1956, EAROPH bertujuan untuk mengkonsolidasikan penyediaan kualitas hidup, perumahan dan perencanaan yang lebih baik di kawasan Asia, Australasia dan Pasifik.

Dr. Emil Elestianto Dardak, MSc. sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden EAROPH 2020-2022. Wakil Gubernur Jawa Timur ini mendapatkan gelar Doktor Ekonomi Pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University pada usia 22 tahun.

Pada 2016-2019, Emil menjabat sebagai Bupati Trenggalek, kemudian pada 2019 terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Pada 2016-2018, Emil menjadi Co-President UCLG (United Cities and Local Governments) Asia Pacific dan Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) periode 2016-2019. Kecintaan beliau pada infrastruktur dan ekonomi pembangunan ini yang membawanya untuk aktif berkontribusi di lembaga internasional EAROPH.

Emil-Dardak-c.jpgAr. Yolanda David Reyes dari Filipina bersama Emil Dardak, Kamis (6/10/2022).(Dok.Humas Pemprov Jatim)

Jawa Timur menjadi tuan rumah EAROPH World Congress ke-28 yang diselenggarakan pada 5-8 Oktober 2022 di Kota Surabaya.

Tema yang diangkat adalah the Future of Human Settlements: Accelerating Recovery and Ushering into a New Era of Sustainable Urbanization Post Covid-19.

Topik lainnya yang akan dibahas, termasuk mengenai pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kawasan dan infrastruktur ramah lingkungan yang dikembangkan pemerintah maupun pihak swasta secara berkelanjutan.

Kongres internasional ini terselenggara atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain itu, United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific, organisasi yang menaungi para kepala daerah dan asosiasi pemerintah daerah di wilayah Asia Pasifik juga turut bermitra dalam menyelenggarakan ASEAN Mayors Forum (AMF) roundtable discussion sebagai bagian dari rangkaian kegiatan EAROPH World Congress yang menghadirkan para kepala daerah dari negara-negara ASEAN.

Organisasi internasional di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seperti UNESCAP dan UN Habitat, serta Bank Pembangunan Multilateral, seperti World Bank dan Asian Development Bank (ADB) mengirimkan perwakilan mereka sebagai pembicara. Berbagai pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman dari negara-negara Asia dan Australia hadir mengisi berbagai sesi yang membahas mengenai permukiman dan perkotaan masa depan atau future cities and human settlements.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES