Peristiwa Daerah

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Luncurkan Program Posyandu Kesehatan Jiwa

Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:18 | 68.19k
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Foto: Kominfo Ponorogo)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Foto: Kominfo Ponorogo)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Menandai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko meluncurkan program Posyandu Kesehatan Jiwa (Poskeswa).

Poskeswa diluncurkan di wilayah kerja Puskesmas Sambit, Puskesmas Sukosari, Puskesmas Jenangan, Puskesmas Setono, Puskesmas Sukorejo, Puskesmas Mlarak, dan Puskesmas Badegan.

Dengan pencanangan program Poskeswa ini Bupati Sugiri Sancoko berharap penduduk Ponorogo bebas dari pasung. "Seseorang dikatakan sehat secara mental ketika merasa sejahtera secara psikologis, emosional, maupun sosial," kata Bupati Sugiri Sancoko Rabu (12/10/2022).

Dikatakan Bupati yang akrab disapa Kang Giri ini, bahwa fungsi Poskeswa mendeteksi sejak dini penduduk yang terindikasi mengalami gangguan jiwa.

"Kita harus memberi perhatian khusus karena kesehatan jiwa berpengaruh terhadap pola seseorang dalam berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain," ulasnya.

Sancoko-2.jpgBupati Sugiri Sancoko bersama kader Poskeswa se Ponorogo. (Foto: Kominfo Ponorogo)

Kang Giri pun menjelaskan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat desa terkait kesehatan jiwa, harus ada edukasi dan antisipasi yang disampaika oleh kader Poskeswa untuk melakukan skrining terhadap sejumlah penyakit tidak menular, termasuk mendeteksi gangguan mental emosional melalui pemeriksaan pada sasaran usia 15-59 tahun.

"Jika masyarakat di lingkungan desa ada yang mengalami gejala-gejala  gangguan kesehatan jiwa, diharapkan melalui deteksi dini masalah kesehatan jiwa. Maka masalah yang timbul cepat ditangani dan penderita bisa cepat mendapat perawatan," papar Kang Giri.

Dengan peluncuran program Posyandu Kesehatan Jiwa ini  Kang Giri yakin bisa menjadi konsep mujarab menanggulangi gangguan jiwa penduduk, "Dan saya punya mimpi besar untuk penduduk Ponorogo ini, bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Ponorogo hebat," tukas Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti sangat mengapresiasi program Poskeswa. Ia mengungkapkan program Poskeswa sangat memperhatikan kesembuhan ODGJ dan meminta kepada kader Posyandu yang ditunjuk harus bekerja iikhlas dan amanah.

"Pos pelayanan terpadu (Posyandu) dan keluarga memiliki peran yang sangat penting terhadap kesembuhan pasien dengan gangguan jiwa," ungkap Dyah Ayu Puspitaningarti.

"Dengan program Poskeswa yang dicanangkan oleh Bapak Bupati Ponorogo tersebut, diharapkan dapat memberikan perhatian dan perawatan pada ODGJ sehingga mampu meningkatkan harapan hidup mereka untuk kembali produktif," kata Kepala Dinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES