Peristiwa Daerah

Ini Penampakan 5 Unit Mobdin Baru Eselon II Pemkab Probolinggo

Rabu, 23 November 2022 - 14:02 | 20.73k
Ini Penampakan 5 Unit Mobdin Baru Eselon II Pemkab Probolinggo
Kelima unit kendaraan dinas milik Pemkab Probolinggo yang dikirim ke Pendapa Kabupaten Probolinggo. (Foto: Pemkab Probolinggo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Setelah pengadaan mobil dinas atau mobdin baru 24 camat di Kabupaten Probolinggo, Jatim. Kini, giliran 5 pejabat eselon II Pemkab Probolinggo yang mendapatkan mobdin baru. 5 unit kendaraan dinas itu telah berada di Pendapa Bupati Probolinggo.

Ketua Tim Pengadaan Kendaraan Mobdin Pemkab Probolinggo, Siswanto menyampaikan, 5 unit kendaraan dinas milik pejabat eselon II itu telah tiba dan telah dikirimkan oleh pihak dealer. Kedatangan kendaraan itu memang tidak bersamaan dengan kendaraan dinas para camat.

Selain beda jenis kendaraan, mobil dinas untuk eselon II ini memiliki harga yang juga lebih mahal dari mobil camat. Mobdin untuk Eselon II sendiri berupa New Honda HR-V 1.5 SE CVT. Pengadaannya sebanyak 5 unit. Dengan pagu anggaran Rp 472 juta per unit.

Hanya saja, pada e-catalogue-nya harga New Honda HR-V 1.5 SE CVT tiap unitnya dibanderol dengan harga Rp 409.550.000. Sehingga total anggaran yang dikeluarkan pada 5 unit mobil tersebut sebesar Rp 2.047.750.000.

Mobdin-Pemkab-Probolinggo-a.jpgKendaraan Honda HRV baru milik Pemkab Probolinggo yang telah memasuki area Pendopo. (Foto: Pemkab Probolinggo/TIMES Indonesia)

"Perlu digaris bawahi, harga tersebut masih belum adendum. Dari dealer masih ada pengurangan Rp 10 Juta per unit," kata pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/11/2022).

Kemudian, hasil adendum yang dilakukan pihaknya bersama pihak dealer didapati penurunan atau potongan harga sebesar Rp 10.550.000 setiap unitnya. Artinya, harga setelah adendum pada setiap kendaraan tersebut berkurang menjadi Rp 399.000.000 per unitnya.

Sehingga harga mobil dinas yang mulanya menghabiskan total anggaran sebesar Rp 2.047.750.000, setelah adendum menjadi Rp 1.995.000.000.

Untuk sementara, kelima unit mobil eselon II itu dititipkan di Pendapa Kabupaten Probolinggo. Sampai nanti diserahkan pada kelima pejabat eselon II. Mobil itu juga telah dilengkapi dengan pelat nomor berwarna merah, sebagai tanda bahwa itu adalah milik negara sebagai fasilitas untuk pegawai negeri eselon II.

Hanya saja, pihaknya belum mengetahui kendaraan tersebut nantinya akan diserahkan kepada siapa. Pastinya, mobil dinas itu akan dikendarai oleh pejabat eselon II.

Mobdin-Pemkab-Probolinggo-b.jpgKelima kendaraan dinas baru yang telah diparkir di Pendopo Bupati Probolinggo. (Foto: Pemkab Probolinggo/TIMES Indonesia)

"Nanti menunggu petunjuk dari bupati (Wabup, Red). Akan diberikan kepada siapa saja. Yang jelas, saat ini masih proses list. Kira-kira kepada siapa. Tentu kepada pejabat yang membutuhkan," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo mengusulkan anggaran pengadaan armada baru untuk sejumlah camat melalui APBD Perubahan 2022. Setiap unitnya ditaksir senilai Rp 350 juta, Selasa (6/9/2022).

Kendaraan baru itu akan menggantikan mobil dinas para camat yang telah berusia tua berupa Panther Ls Turbo. Kendaraan mobil pelat merah itu sudah digunakan para camat lebih dari 10 tahun.

Kemudian, sebanyak 24 unit mobdin baru untuk camat di Kabupaten Probolinggo, tiba dan diserahkan pada Senin (14/11/2022). Mobdin baru itu merek Toyota Rush. Sementara, kendaraan lawas sebelumnya ditarik kembali lantaran kondisinya sudah tidak baik-baik saja.

Tak lama sejak kedatangan 24 mobil camat itu, giliran pejabat eselon II Pemkab Probolinggo yang turut mengendarai mobil dinas atau mobdin baru. Tersisa 5 unit mobdin baru forkopimda Kabupaten Probolinggo yang menunggu antrean. Kendaraan ini pasalnya berupa Innova Hybrid yang menjadi produk terbaru dari Toyota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES