Peristiwa Daerah

Belum Ada Keputusan, Puluhan Mobdin Lawas Camat di Kabupaten Probolinggo Mengandang

Kamis, 24 November 2022 - 14:06 | 59.08k
Belum Ada Keputusan, Puluhan Mobdin Lawas Camat di Kabupaten Probolinggo Mengandang
Mobil dinas bekas camat yang mengandang di halaman Pemkab Probolinggo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOMobil dinas atau mobdin 24 camat di Kabupaten Probolinggo, Jatim, telah berganti dari Panther Ls Turbo ke Toyota Rush, Senin (14/11/2022) pekan lalu. Sepuluh hari berselang, mobil lawas bekas camat itu masih mengandang di halaman Pemkab Probolinggo

Pemkab Probolinggo belum memutuskan nasib mobil berpelat merah yang telah digunakan selama lebih dari 10 tahun tersebut. 

Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo, Siswanto menyampaikan, hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan dan kebijakan dari Wakil Bupati Probolinggo. Yang pasti, kendaraan itu tidak akan dilelang. 

Berdasarkan usulan pertama, kata dia, kendaraan dinas bekas camat itu tidak ditarik ke Pemkab Probolinggo. Melainkan, dipasrahkan ke kecamatan masing-masing sebagai kendaraan operasional sekretaris camat. 

Lantaran spesifikasi kendaraan yang terlalu tinggi untuk tingkat sekretaris camat, kendaraan dinas itu harus ditarik kembali ke Pemkab Probolinggo. 

"Itu usulan pertama dulu. Nah sekarang rencananya akan dibagikan pada dinas-dinas," kata Siswanto, Kamis (24/11/2022). 

Sebab, menurut dia, masih banyak dinas yang belum memiliki kendaraan opersional. Sehingga mobil Panter Ls Turbo bekas camat itu akan diserahkan pada masing-masing dinas yang membutuhkan. 

Hanya saja, kata dia, hingga kini belum ada kepastian pada dinas apa kendaraan itu diberikan. Sebab, pihaknya masih mendata seluruh dinas yang membutuhkan. Agar nantinya diusulkan ke Wakil Bupati Probolinggo. "Hasilnya menunggu kebijakan Wabup," ungkapnya. 

Mobil-dinas-2.jpgMobil Dinas baru eselon II Pemkab Probolinggo yang baru datang. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

Kembali pada persoalan kesehatan mesin pada kendaraan dinas Panther Ls Turbo itu, Siswanto tak menampik jika memang ada beberapa mobil yang perlu dilakukan perawatan. Terutama, kata dia, mobil-mobil bekas yang bertugas di dataran tinggi. 

Medan yang berat dan tinggi itu, lanjut dia, tentu memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan mesin dan kaki-kaki kendaraan. Berbeda dengan mobil yang digunakan camat di daerah dataran rendah. Tentu kondisi mesin dan kaki-kaki masih terjaga. 

"Sebelum didistribusikan nanti, akan ada perbaikan dulu. Seluruh kendaraan akan diperiksa dan diperbaiki. Agar saat didistribusikan sudah dalam kondisi sehat seperti semula," papar Siswanto. 

Selama menunggu kebijakan dan keputusan dari Wakil Bupati, kendaraan dinas lawas bekas camat itu dikandangkan di halaman Pemkab Probolinggo. "Sementara kami titipkan di halaman Pemkab Probolinggo," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo  berbelanja mobil dinas untuk 24 camat senilai Rp 6,6 miliar. Anggaran untuk membeli mobil dinas Toyota Rush 1.5 S M/T GR Sport itu bersumber dari APBD Perubahan 2022. 

Setiap unit kendaraan jenis SUV ini dipatok dengan harga Rp 275.700.00 juta. 

Kendaraan baru itu menggantikan mobil dinas para camat yang telah berusia tua berupa Panther Ls Turbo. Kendaraan mobil plat merah itu sudah digunakan para camat lebih dari 10 tahun. 

Kemudian, sebanyak 24 unit mobdin baru untuk camat di Kabupaten Probolinggo, tiba dan diserahkan, Senin (14/11/2022). Mobdin baru itu merek Toyota Rush. Sementara, kendaraan lawas sebelumnya ditarik kembali lantaran kondisinya sudah tidak baik-baik saja. 

Tak lama dari kedatangan 24 mobil dinas camat itu. Giliran pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo yang turut mengendarai mobil baru. Tersisa 5 unit mobdin baru forkopimda Kabupaten Probolinggo yang menunggu antrean. Kendaraan ini pasalnya berupa Innova Hybrid yang menjadi produk terbaru dari Toyota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES