Peristiwa Daerah

Inovasi Aplikasi Konco Sregep, Antarkan Kabupaten Malang Raih Penghargaan IHIA

Jumat, 25 November 2022 - 09:24 | 15.78k
Inovasi Aplikasi Konco Sregep, Antarkan Kabupaten Malang Raih Penghargaan IHIA
Bupati Malang Sanusi ketika menerima penghargaan IHIA. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

TIMESINDONESIA, MALANGKabupaten Malang kembali meraih penghargaan. Kali ini melalui Aplikasi Konco Sregep milik DP2KB Kabupaten Malang, meraih penghargaan Indonesia Healthcare Innovation Awards atau IHIA ke VI 2022.

Penghargaan ini diterima Bupati Malang Sanusi The Ballroom Djakarta Theatre, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2022) Malam. Penghargaan ini berasal dari Indonesia Healthcare Forum atau Indo HCF.

Inovasi Aplikasi “Konco Sregep” sebagai Pemenang Favorit Kategori IT Kesehatan, yang diluncurkan sebagai upaya pencegahan stunting berbasis local wisdom dan digital literacy untuk remaja.

Bupati Malang Sanusi menjelaskan, Salah satu pencegahan stunting di Kabupaten Malang itu sendiri  juga dilakukan lewat literasi kaum remaja terutama di usia sejak 14 tahun. 

Bupati-Malang-Sanusi-2.jpgBupati Malang Sanusi ketika menerima penghargaan IHIA. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

Literasi itu menurutnya perlu dilakukan bagian untuk memberikan edukasi kepada remaja di Kabupaten Malang agar memiliki pola hidup sehat dengan asupan makanan sehat.

“Ini merupakan prestasi dalam rangka penanganan stunting di Kabupaten Malang dengan IT Kesehatan yaitu Aplikasi Konco Sregep dan inovasi kearifan lokal yang saat ini bisa menurunkan angka stunting di angka 7,8 persen," ujar Bupati Malang Sanusi.

Lebih lanjut dia mengatakan, aplikasi ini merupakan langkah yang tepat dalam rangka inovasi program untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Malang.

"Mulai dari remaja harus dilakukan edukasi, agar mereka punya pemahaman dan tahu soal stunting dan cara mencegahnya. Jika edukasi maupun literasi ini terus diberikan secara masif, kita yakin stunting di Kabupaten Malang ini bisa dicegah dan dihindari sedini mungkin," bebernya gamblang.

Dia berharap melalui prestasi penghargaan IHIA yang diterima aplikasi Konco Sregep ini menjadikan motivasi bagi Kabupaten Malang untuk terus berinovasi dalam hal pelayanan publik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES