Peristiwa Daerah

OJK dan IJK Salurkan Dana 750 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 - 16:13 | 23.85k
Penyerahan donasi untuk bencana gempa di Cianjur senilai Rp.750 juta oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (FOTO: Dokumen OJK)
Penyerahan donasi untuk bencana gempa di Cianjur senilai Rp.750 juta oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (FOTO: Dokumen OJK)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan (IJK) menyalurkan donasi untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Penyerahan donasi senilai Rp750 juta disampaikan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui rekening Jabar Quick Response di Bandung.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menyampaikan harapannya agar bantuan dari OJK dan IJK dapat meringankan korban gempa di Cianjur. 

Indarto-Budiwitono.jpgKepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono yang turut hadir pada penyerahan bantuan tunai kepada Gubernur Jawa Barat. (FOTO: Dokumen OJK)

“Kita betul-betul concern dan berduka cita karena banyak korban yang jatuh. Saya atas nama pegawai OJK dan IJK, pada hari ini menyampaikan bantuan melalui Gubernur Jawa Barat untuk korban gempa di Cianjur,” ujar Dian. 

Dengan bantuan ini kita harapkan dapat meringankan korban gempa,” tuturnya.

Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa kang Emil pun, dalam kesempatan tersebut, menyambut baik upaya dan bantuan dari OJK dan IJK dalam membantu penanganan bencana serta meringankan beban warga yang terdampak. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada OJK dan IJK yang hadir saat warga membutuhkan, Insya Allah bantuan uang ini akan menjadi logistik untuk disampaikan kepada warga,” tutur Ridwan Kamil. 

“Hal ini sangat baik karena OJK selain concern terhadap industri keuangan juga concern terhadap kemanusiaan, karena kemanusiaan di atas segalanya,” sambung Ridwan Kamil.

OJK dan IJK memiliki program “OJK dan IJK Peduli Bencana”. Program tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana alam di beberapa daerah dan penyerahan bantuan kepada korban gempa bumi di Cianjur juga merupakan bagian dari program tersebut. 

Program OJK dan IJK Peduli Bencana ini mengumpulkan donasi dari OJK, serta dari sejumlah Industri Jasa Keuangan (Perbankan, Pasar Modal dan IKNB) serta asosiasi di sektor jasa keuangan. 

Dari donasi yang terkumpul, sebelumnya, melalui program ini telah disalurkan bantuan dengan total senilai Rp4,72 miliar.
Pada tahun 2021 bantuan disalurkan antara lain kepada korban bencana alam gempa di Mamuju sebesar Rp1,75 miliar, banjir di Semarang Rp100 juta, longsor di Sumedang dan perbaikan tanggul Sungai Citarum sebesar Rp200 juta. 

Lalu, bantuan pun disalurkan untuk korban banjir dan longsor di NTT dan NTB dengan total sebesar Rp1 miliar, gempa di Malang Selatan Rp250 juta, erupsi Gunung Semeru sebesar Rp750 juta dan gempa di Pasaman Barat sebesar Rp150 juta.

Selain bantuan untuk bencana di atas, donasi yang terkumpul juga diberikan untuk membantu penanganan pandemi antara lain melalui pembangunan shelter Covid di Bantul, Yogyakarta, sebesar Rp150 juta dan Covid-19 Level 4 di Riau sebesar Rp100 juta.

Pada 2021 pemberian bantuan tersebar pada banyak lokasi dan peruntukan. Pada 2022, dana bantuan  disalurkan kepada korban kebakaran Pasar Johar, Semarang sebesar Rp50 Juta, serta banjir dan tanah longsor di Kabupaten Malang Rp75 juta.

Program OJK dan IJK Peduli Bencana akan terus dibuka dan dikoordinasikan oleh OJK untuk mengumpulkan donasi guna membantu penanganan dampak bencana alam serta penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Saat ini OJK bersama pelaku industri jasa keuangan dalam proses mengumpulkan data dan informasi mengenai kantor layanan jasa keuangan yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur dan mengupayakan agar layanan kepada masyarakat tidak terganggu dan tetap beroperasi dengan baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES