Peristiwa Daerah

Kapolresta Bandung Serahkan Kunci Rumah Layak Huni di Dua Wilayah

Kamis, 01 Desember 2022 - 10:44 | 45.54k
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyerahkan kunci rumah layak huni di Kec Ciparay dan Ibun Kab Bandung. (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyerahkan kunci rumah layak huni di Kec Ciparay dan Ibun Kab Bandung. (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Polsek Ciparay Polresta Bandung selesai merenovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Emak Ida (70), di Kampung Parigi, RT 01/RW 07 Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo meresmikan langsung rutilahu yang kini jadi layak huni

"Kami merasa bangga dan bersyukur bisa hadir bersama-sama untuk meresmikan rumah layak huni untuk Ibu Ida. Ini merupakan hasil kerja keras Kapolsek Ciparay yang bergotong royong bersama masyarakat sekitar," kata Kapolresta Bandung, Kamis (1/12/2022).

Pihaknya pun turut berbahagia dan berharap rumah yang baru direnovasi itu bermanfaat untuk pemiliknya. Menurut Kapolresta Bandung "Usia Ibu Ida 70 tahun ini, kalau menempati rumah yang atapnya jebol, kehujanan, tentunya tidak baik untuk kesehatan," ungkapnya.

Sebelumnya rumah milik Mak Ida rusak akibat bencana alam puting beliung. Namun, berkat kepedulian Polsek Ciparay, rumah tersebut akhirnya diperbaiki dan dibantu oleh Ketua RW dan warga setempat.

Sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang tidak mampu, Polresta Bandung meresmikan sekaligus menyerahkan kunci perbaikan beberapa rutilahu yang sudah menjadi layak huni.

Pada hari yang sama Kapolresta Bandung juga meresmikan langsung rumah milik Olih di Kecamatan Ibun yang rusak akibat tergerus longsor.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolsek dan perangkat Muspika Ibun yang sudah berkenan untuk gotong royong memperbaiki rumah Pak Olih," kata Kusworo.
Kusworo menambahkan peresmian rutilahu ini juga sebagai percepatan kesejahteraan dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

"Alhamdulilah, sekarang Pak Olih bisa menempati rumahnya dengan keadaan lebih layak dan nyaman,” ucapnya.  Kusworo berharap rumah ini dapat bermanfaat untuk Pak Olih beserta keluarga. 

Kapolresta-Bandung-2.jpg

Sebelumnya sebanyak enam unit rumah di Kampung Berbera, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung yang rusak parah sudah diserahkan kuncinya.
Kapolresta mengatakan perbaikan rutilahu ini berkat kerjasama antara kepolisian dengan Muspika Kecamatan Pasirjambu.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan kegiatan tersebut salah satunya untuk menebarkan rasa ingin berbuat kebaikan. Selain mendapatkan pahala, tapi juga secara duniawinya ini bisa semakin guyub, semakin harmonis.

“Dan semakin bisa menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Bandung. Alhamdulilah pemilik rumah ini, salah satunya Pak Yudi bisa semakin nyaman, rumahnya semakin layak huni dan ini bisa bermanfaat,” tandas Kusworo. 

Sebelumnya, Jajaran Polsek Ciparay Polresta Bandung telah membangun empat unit rumah tidak layak huni (rutilahu) di wilayah Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Pembangunan rutilahu tersebut, selain oleh Polsek Ciparay, dilaksanakan juga oleh Muspika Tiga Pilar.

Keempat rumah tersebut antara lain milik Ny Tuti (74), warga Kampung Andir RT 03 RW 06 Desa Pakutandang; Ny Enah (82) warga RT 04 RW 06 Desa Pakutandang; Ny Eem (69), warga Kampung Sukamelang RT 02 RW 14 Desa Manggungharja; dan Aep (55), warga Kampung Karasak RT 01 RW 07 Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, program pemberian rumah layak huni ini merupakan kerja sama dari Muspika Tiga Pilar yang diprakarsai oleh Kapolsek Ciparay, Camat Ciparay dan Danramil Ciparay, serta support dari Polresta Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan  pemberian bantuan bedah rurilahu, sebagai wujud kepedulian serta kegiatan sosial Kepolisian kepada warga kurang mampu. Kabid Humas berharap setiap proses pembangunan rutilahu dapat berjalan secepatnya dan diharapkan masyarakat dapat menjaga serta merawatnya.

"Semoga program rutilahu dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu, untuk memberikan tempat tinggal yang layak huni dan aman," ucap Kabid Humas Polda Jabar, menanggapi rumah layak huni yang diresmikan Kapolresta Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES