Peristiwa Daerah

Dikenal Sebagai Kota Anggur Sejak 1913, Hanya Segini Produksi Buah Anggur Probolinggo

Kamis, 19 Januari 2023 - 13:00 | 26.20k
Seorang pengunjung menaiki tangga untuk memetik buah anggur di acara Imlek Fruit Market Malang Town Square, 2021. Kabupaten Malang menjadi penghasil anggur terbanyak ketiga di Jawa Timur, mengalahkan Probolinggo yang dikenal sebagai Kota Anggur.
Seorang pengunjung menaiki tangga untuk memetik buah anggur di acara Imlek Fruit Market Malang Town Square, 2021. Kabupaten Malang menjadi penghasil anggur terbanyak ketiga di Jawa Timur, mengalahkan Probolinggo yang dikenal sebagai Kota Anggur.

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, Jawa Timur, dikenal sebagai penghasil buah anggur. Dua daerah bertetangga ini, sama-sama memasukkan unsur anggur dalam lambang daerah masing-masing.

Dalam lambang Kabupaten Probolinggo, terdapat empat helai daun anggur berwarna hijau muda, dengan buah anggur sebanyak 17 buah.

Advertisement

Dikutip dari resmi daerah, hal itu menunjukkan hasil buah-buahan khas daerah Kabupaten Probolinggo yang terkenal sejak tahun 1913.

Sedangkan dalam lambang Kota Probolinggo, terdapat daun anggur dan mangga. Ini mengingatkan Kota Probolinggo sebagai penghasil buah-buahan Anggur dan Mangga yang terkenal seluruh Indonesia.

Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil buah anggur, produksi anggur di Kabupaten maupun Kota Probolinggo bukan yang terbanyak di antara 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Dalam urusan produksi buah anggur, Kabupaten Probolinggo berada di rangking lima. Lalu, daerah mana penghasil anggur terbanyak di provinsi ujung timur Pulau Jawa ini? Berikut ringkasannya.

Kabupaten Pasuruan

Berdasarkan publikasi Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022 oleh Badan Pusat Statistik atau BPS, Pasuruan menghasilkan 343 ton buah anggur sepanjang tahun 2020. Sedangkan pada 2021, produksi anggur di Pasuruan melonjak menjadi 351 ton.

Hal ini menempatkan daerah berpeduduk 1,6 juta jiwa tersebut sebagai penghasil buah anggur terbanyak di Jawa Timur.

Kabupaten Banyuwangi

Daerah di ujung timur Pulau Jawa ini, menghasilkan 45 ton buah anggur sepanjang tahun 2020. Kemudian naik drastis menjadi 112 ton pada tahun 2021.

Denga produksi sebanyak itu,d daerah yang dikenal sebagai Sunrise of Java tersebut menjadi penghasil buah anggur terbanyak kedua di Jawa Timur. Ini berdasarkan publikasi Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022.

Kabupaten Malang

Kabupaten Malang menempati rangking ketiga di Jawa Timur dalam hal produksi buah anggur. Sepanjang tahun 2020, kabupaten terluas kedua di Jatim ini menghasilkan 84 ton buah anggur.

Kemudian pada tahun 2021, daerah berpenduduk 2,6 juta jiwa tersebut, menghasilkan 93 ton buah anggur berdasarkan publikasi Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022.

Kabupaten Jember

Daerah yang dikenal sebagai Kota Carnival ini menempati rangking keempat dalam hal produksi buah anggur di Jawa Timur.

Sepanjang tahun 2020, Kabupaten Jember menghasilkan 71 ton buah anggur. Kemudian turun menjadi 68 ton pada tahun 2021 berdasarkan publikasi Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022.

Kabupaten Probolinggo

Dikenal sebagai daerah penghasil anggur sejak 1913, Kabupaten Probolinggo menghasilkan 37 ton buah anggur sepanjang tahun 2020. Kemudian naik menjadi 69 ton pada tahun 2021 berdasarkan data BPS.

Di antara 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, daerah berpenduduk 1,15 juta jiwa ini menempati rangking kelima penghasil buah anggur.

Produksi buah anggur Kota Probolinggo tidak lebih banyak. Kota berjuluk Kota Anggur ini, hanya menghasilkan 32 ton sepanjang tahun 2020. Kemudian merosot tajam menjadi 8 ton saja pada 2021.

Jika dibandingkan dengan produksi tahun 2009, produksi buah anggur di dua daerah bertetangga itu, tahun ini jauh lebih rendah.

Berdasarkan publikasi Kabupaten Probolinggo Dalam Angka 2010 dan Kota Probolinggo Dalam Angka 2010, Kabupaten Probolinggo menghasilkan 123,30 ton pada 2009. Sedangkan Kota Probolinggo, menghasilkan buah anggur sebanyak 35,40 ton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES