Peristiwa Daerah

Mengintip Persiapan Imlek di Vihara Avalokistesvara Kota Tasikmalaya

Kamis, 19 Januari 2023 - 20:58 | 28.76k
Seorang pekerja saat memasang sejumlah lampion di Vihara Avalokitesvara, Jalan Pemuda No. 11, Kota Tasikmalaya, Kamis (19/1/2023) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Seorang pekerja saat memasang sejumlah lampion di Vihara Avalokitesvara, Jalan Pemuda No. 11, Kota Tasikmalaya, Kamis (19/1/2023) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Memasuki Vihara Avalokistesvara di kawasan Jalan Pemuda, Kota Tasikmalaya nampak beberapa orang tengah sibuk membersihkan lantai dan ruang kebaktian, dimana terdapat dua Altar dari Trinabi dan Tuti Pakung.

Menaiki tangga disebelah kanan ruangan menuju lantai dua, terlihat beberapa tiang berwarna merah dengan dihiasi beberapa ornamen berwarna emas menambah keindahan Vihara Avalokistesvara.

Advertisement

Di lantai tersebut seorang pekerja tengah menaiki tangga untuk memasang puluhan lampion, sementara itu di sebuah sudut ruangan perempuan berumur setengah abad bernama Mey Mey tengah merangkai puluhan lampion.

Vihara Avalokistesvara yang terketak di Jalan Pemuda No. 11 RW  01, Empangsari, Tawang, Kota Tasikmalaya ini merupakan bangunan berlantai dua yang menjadi vihara tertua yang dibangun sejak tahun 1951.

Jelang tahun baru Imlek 2023 Masehi tepatnya 22 Januari 2023 Vihara Avalokistesvara tengah berbenah melakukan persiapan untuk  menyambut tahun baru, salah satunya pemasangan lampion.

Imlek-di-tasikmalaya-a.jpg

Sejumlah lampion bulat dominasi warna merah dengan dihiasi hurup hanzi berwarna kuning emas sudah mulai terpasang di langit-langit vihara.

"Jumlah lampion yang terpasang sampai saat ini berjumlah 45 buah, Lampion digantung berikut nama pemiliknya sebagai ungkapan harapan diberi kehidupan lebih baik di tahun kelinci ini," kata Mey Mey, salah seorang pengurus vihara, saat ditemui TIMES Indonesia Kamis (19/01/2023).

Jumlah lampion yang sudah dipasang sebanyak 45 buah menurut Mey Mey didatangkan dari Jakarta. "Kita sudah biasa setiap tahun beli di Jakarta, sebab di Kota Tasikmalaya belum ada perajin lampion, jadi kita pesannya dari Jakarta, termasuk beberapa kelengkapan yang dibutuhkan vihara ini," terang Mey Mey.

Lampion tersebut menurutnya akan dinyalakan pada saat malam tahun baru imlek, tepatnya pukul 00.00 WIB, setiap lampion yang telah diberi nama berdasarkan setiap pemiliknya diharapkan saat dinyalakan dapat memberikan penerangan yang akan menjadi penuntun dalam kehidupan.

Sementara itu kelengkapan lain dalam perayaan imlek di vihara menurut Mey Mey adalah Pelita.

Imlek-di-tasikmalaya-b.jpg

Deretan pelita ini yang memiliki simbol pengharapan, merupakan deretan mirip mangkuk kecil yang berisi minyak goreng dan tengahnya diletakan sumbu sebagai media untuk menyalakan pelita yang dapat bertahan menyala selama sehari semalam.

"Selain lampion ada juga kelengkapan pelita yang disimpan di atas sebuah meja, ini akan dinyalakan pas nanti di malam imlek saat umat beribadah, semiga menjadi penerang di tahun kelinci ini," pungkas pengurus Vihara Avalokistesvara ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES