Peristiwa Daerah

Berkah Imlek, Parsel dan Jeruk di Banyuwangi Laris Manis

Jumat, 20 Januari 2023 - 19:21 | 76.56k
Owner kios buah dan sayur JO FRESH, Dea Mahardi Sinta, sedang menata buah. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)
Owner kios buah dan sayur JO FRESH, Dea Mahardi Sinta, sedang menata buah. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Menyambut perayaan Imlek selalu menjadi momentum kebahagian, keberuntungan dan keberkahan bagi siapapun. Seperti halnya pedagang parsel imlek di Banyuwangi yang turut ketiban berkah tahun bari China. 

Beberapa toko parsel buah di Banyuwangi kebanjiran orderan sehingga dapat menghasilkan cuan lebih banyak dari pada hari-hari biasa.

Seperti yang dialami kios buah dan sayur Jo.Fresh. Owner dari kios buah yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono, Banyuwangi, Dea Mahardi Sinta, menjelaskan, omzetnya menjelang perayaan Imlek naik hingga dua kali lipat.

Bentuk-parcel-buah.jpgBentuk parcel buah untuk Imlek di kios buah Mitra Buah Banyuwangi. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

Peningkatan omzet tersebut karena adanya pesanan dari hotel-hotel perminggunya dan juga dari berbagai instansi untuk dibagikan. Tak main-main pesanan parsel buah tersebut bisa mencapai hingga 120 parsel.

"Untuk omzet bersih terhitung 5 Januari hingga saat ini mendekati Imlek sekitar 6 juta hingga 7 juta," jelas Dea, Jumat (20/01/2023).

Dea menambahkan untuk harga parsel buah cukup bervariatif tergantung dari dari besaran wadah buah yang ingin dipesan. Mulai dari harga Rp50.000 hingga Rp500.000 dengan berbagai pilihan buah sesuai keinginan konsumen.

Parcel-kotak-Buah-jeruk-imp.jpgParcel kotak Buah jeruk impor di kios buah Mitra Buah Banyuwangi. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

"Ada empat orang yang pesen parsel buah gede yang 500rb-an untuk imlek ini," ucapnya.

Dengan adanya peningkatan penjualan parsel buah menjelang Imlek, tentu saja membuat permintaan buah terutama buah jeruk impor juga meningkat.

"Biasanya saya mengambil buah jeruk impor sebanyak 4 dus, karena menjelang imlek ini penjualan parsel buah naik jadi saya sekarang ngambil  hingga 15 dus perminggu," cetus Dea.

Keberkahan serupa juga dirasakan oleh kios buah Mitra Buah Banyuwangi, kios buah yang terletak di Jalan Piere Tendean, No.21, Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi tersebut juga mengalami peningkatan penjualan parsel buah dua kali lipat dalam sepekan.

"Terhitung mulai sepekan kemarin menjelang imlek ini, kita sehari bisa buat lebih dari 50 parcel buah untuk pesanan," jelas Owner Mitra Buah Banyuwangi, Heni Rosita.

Dan dalam perayaan Imlek, buah jeruk dan buah apel adalah komoditas buah paling laris di kebanyakan toko buah, karena masyarakat Tionghoa menggunakan buah apel dan buah jeruk untuk sarana ibadah dan juga sebagai konsumsi pribadi yang berkhasiat menyehatkan kulit.

"Selain itu buah jeruk dan buah apel dipercaya buah yang dianggap  membawa keberuntungan," ucapnya.

Selain parsel buah, di kios Mitra Buah Banyuwangi juga terdapat isi kue keranjang makanan khas China yang banyak digemari dan masih banyak isi lainya yang beraneka ragam sesuai pesanan pelanggan.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES