Peristiwa Daerah

Tanam Ribuan Bibit Pohon di Pembukaan Genggong Go Green Carnival 2023

Sabtu, 21 Januari 2023 - 14:13 | 30.08k
Pelepasan balon sebagai simbol dibukanya Genggong Go Green Carnival 2023. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Pelepasan balon sebagai simbol dibukanya Genggong Go Green Carnival 2023. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOGenggong Go Green Carnival 2023, akhirnya resmi dibuka di halaman P5 Ponpes Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (21/1/2023). Pembukaan pagelaran tahunan ini dikemas dengan penanaman seribu pohon di sekitar Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan, kabupaten setempat.

Pembukaan Genggong Go Green tersebut, dihadiri oleh inisiator Genggong Go Green Carnival, Gus dr Moh. Haris Damanhuri, Forkopimka Kecamatan Pajarakan, Perhutani, dan Pegiat Lingkungan.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon sebagai simbol dibukanya Festival Genggong Go Green Carnival 2023. Kemudian dilanjutkan aksi penanaman seribu pohon oleh sejumlah komunitas pecinta alam, santri, mahasiswa dan masyarakat umum.

Ada sekitar 1.300 bibit pohon yang ditanam di sekitar PZH Genggong. Penanaman dilakukan serentak oleh para pegiat dan pecinta lingkungan tersebut.

“Mari kita jaga lingkungan kita, karena alam ini bukan warisan dari nenek moyang. Melainkan titipan dari anak cucu kita,” kata Gus dr Moh. Haris Damanhuri dalam sambutannya.

Bibit-Pohon-2.jpgPenanaman bibit pohon oleh Gus dr. Mohammad Haris selaku inisiator Genggong Go Green. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

Penanaman tersebut, lanjut dia, merupakan harapan jangka panjang. Semua bibit yang ditanam saat ini, tidak bisa langsung dinikmati hari ini juga. Melainkan untuk puluhan tahun ke depan.

“Jika tidak untuk kita, setidaknya bisa dinikmati hasilnya untuk anak cucu kita,” ungkap tokoh muda yang akrab disapa Gus Haris, itu.

Pembukaan Genggong Go Green itu juga sebagai simbol dibukanya Expo Kuliner dan Bazar UMKM di halaman P5 PZH Genggong. Berbagai jenis kuliner buatan putra daerah ini dibuka untuk umum.

Selain penanaman seribu pohon, Genggong Go Green Carnival 2023 Kabupaten Probolinggo ini, juga akan menggelar gowes bareng di halaman P5 PZH Genggong Probolinggo, sebagai agenda puncak acara tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES