Peristiwa Daerah

Pia Legendaris Malang Hadir di Kampung China Matos

Sabtu, 21 Januari 2023 - 16:02 | 38.90k
Pia spesial edisi Imlek yang dijajakan oleh Pia Cap Mangkok di Kampung China Matos (foto: Alfounnier Arivia Narendra/TIMES Indonesia)
Pia spesial edisi Imlek yang dijajakan oleh Pia Cap Mangkok di Kampung China Matos (foto: Alfounnier Arivia Narendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menyambut perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa disibukkan dengan menyiapkan berbagai hidangan serta jajanan khas Imlek. Salah satu kudapan khas Imlek yaitu kue Pia

Bakpia dalam bahasa Hokkian yaitu Ròu bǐng yang artinya pia daging, yang berarti roti berisikan daging. Pada umumnya masyarakat Tionghoa sering mengolah bakpia dengan isian daging babi. 

Advertisement

Namun, seiring perkembangan zaman Bakpia menghadirkan banyak varian rasa untuk menyesuaikan lidah dan kebudayaan Indonesia. Bakpia bertranformasi menjadi hidangan halal dengan isian seperti kacang hijau atau cokelat. 

Di Malang, ada kue pia legendaris, yakni Pia Cap Mangkok. Disebut jajanan legendaris karena sudah ada di Malang sejak tahun 1959. Awalnya pia ini dijual secara door to door atau dari rumah ke rumah dengan penjualan bijian. Mulai tahun 2006, Pia Cap Mangkok bersolek dengan memakai kardus yang isinya dari 5,6,12, dan 24.

Pia-spesial-edisi-Imlek-a.jpgVarian menu Pia Cap Mangkok. (Foto: Alfounnier Arivia Narendra/TIMES Indonesia)

Pia Cap Mangkok terus berkembang karena memiliki cita rasa yang enak. Pia ini memadukan rasa manis gurif dan lembut. Saat ini, sudah ada 6 cabang yang tersebar di wilayah Malang Raya. Di wilayah kota, Pia Cap Mangkok ada di Jalan Galunggung, Jalan Semeru, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Villa Tidar Indah, di Mall Olympic garden (MOG) dan Toko Sensa yang ada di Singosari, Kabupaten Malang. 

Pia Legendaris ini memiliki varian rasa yang bermacam-macam, mulai dari rasa cokelat, kacang ijo, keju,tangkwee serta untuk edisi spesial Imlek ada rasa jeruk. Nani, dari Pia Cap Mangkok mengatakan, untuk perayaan Natal,  mereka juga memunculkan rasa baru yaitu Kacang Merah dan Greentea.

Pia-spesial-edisi-Imlek-b.jpgPia spesial edisi Imlek yang dijajakan oleh Pia Cap Mangkok di Kampung China Matos (foto: Alfounnier Arivia Narendra/TIMES Indonesia)

“Rasa yang paling banyak dipesan dari Imlek taun lalu hingga taun ini rasa Cokelat dan Kacang Ijo,”ucapnya. 

Untuk harga, kue Pia isi 5 dibanderol dengan harga Rp20.000, sedangkan pia isi 6 dengan harga Rp24.000. Untuk kalian yang penasaran dengan rasa Pia Cap Mangkok, kalia bisa datang ke acara Kampung China Matos yang digelar di lantai dasar Malang Town Square. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES