Peristiwa Daerah

Pastikan Perayaan Imlek Aman dan Nyaman, Kapolres Cirebon Kota Cek Sejumlah Vihara

Sabtu, 21 Januari 2023 - 21:17 | 27.59k
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu berbincang dengan pengurus Vihara Dewi Welas Asih saat monitoring jelang perayaan Imlek. (FOTO: Muslimin/TIMES Indonesia)
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu berbincang dengan pengurus Vihara Dewi Welas Asih saat monitoring jelang perayaan Imlek. (FOTO: Muslimin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Jelang perayaan tahun baru cina atau Imlek tahun 2023, Polres Cirebon Kota bersama jajaran TNI melakukan monitoring disejumlah tempat ibadah Imlek yang ada di Kota Cirebon. 

Dengan menggunakan kendaraan dinas sepeda motor, Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, bersama TNI mendatangangi tiga  Vihara dan dua pura yang berada di Kota Cirebon. Hal ini dilakukan, untuk memastikan jalannya perayaan Imlek berlangsung dengan lancar dan aman. 

Advertisement

Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan, guna menjaga keamanan dan kenyamaan para jemaat yang akan melakukan ibadah, Polres Cirebon Kota menerjunkan 172 personel dan ada juga pengamanan tambahan dari TNI, Satpol PP, Dishud serta organisasi macan ali.

"Untuk pengamanan kami menerjunkan jumlah personil dari polrinya kurang lebih 172 itu di luar dari rekan-rekan TNI kemudian di backup dari Satpol PP kemudian dari Dishub termasuk dari Brimob serta dari rekan-rekan macan Ali," ucapnya didampingi wakapolres Cirebon Kota Kompol Ahmat Troy Aprio, Sabtu (21/1/23).

Menurut Ariek Indra Sentanu persiapan keamanan di lima titik untuk kegiatan Imlek sudah dipersiapakan, mulai dari intelejen hingga personel.

"Kegiatan Imlek ini memang sudah kita persiapkan dari jauh-jauh hari. Kita sudah melakukan perkiraan intelijen. Kemudian kita sudah membuat rencana pengamanan. Alhamdulillah dari semua kegiatan 5 titik lebih, sudah kita tempatkan personil yang melekat setiap ada kegiatan petugas pengamanan sudah sedia dan siaga di lokasi tersebut," tuturnya. 

Untuk pengamanan personel disetiap titik, lanjut Kapolres, sudah diatur waktu dan lokasinya. Karena, setiap personil mempunyai jam berbeda-beda. Mengikuti, jadwal jemaat yang memang berbeda-beda waktu ibadahnya. kata Alumni Akpol 2004 ini.

"Untuk pengamanan sudah diatur jamnya, karena kan waktu ibadahnya itu berbeda-beda. Ada yang mulai pagi, ada yang sore ada yang mungkin malam hari baru memulai aktivitas ibadahnya. Namun dari kita dari Polri dan pemerintah kota sudah mempersiapkan semuanya," tambahnya. 

Selain itu, persiapan terhadap orang yang akan masuk ke Vihara akan melewati metal detektor, untuk memastikan keamanan di dalam Vihara yang di jaga langsung oleh personel Brimob.

"Sebelum melaksanakan kegiatan ibadah kita juga sudah mempersiapkan metal detektor sudah kita persiapkan semua kita sudah kerja sama dengan Brimob," ujar pimpinan Polres Cirebon Kota ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES