Peristiwa Daerah

Barongsai-Tari Naga Semarakkan Perayaan Malam Tahun Baru Imlek di Kota Kediri

Minggu, 22 Januari 2023 - 12:54 | 29.90k
 Aksi barongsai di Klenteng Tjoe Hwie Kiong, kota Kediri dalam perayaan malam tahun baru Imlek (FOTO: Yobby/Times Indonesia)
Aksi barongsai di Klenteng Tjoe Hwie Kiong, kota Kediri dalam perayaan malam tahun baru Imlek (FOTO: Yobby/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Setelah hampir 2 tahun lebih, perayaan malam tahun baru Imlek di Klenteng Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri kembali berlangsung dengan semarak.

Klenteng Tjoe Hwie Kiong menjadi pusat perayaan malam tahun baru Imlek, dengan ratusan warga kota Kediri memadati Klenteng yang telah dihias dengan nuansa warna merah tersebut.

Advertisement

Perayaan tahun baru Imlek, Sabtu, (21/01/2023) malam tersebut diwarnai dengan penampilan aksi barongsai. Aksi tersebut mengundang banyak tepuk tangan dari para penonton. Barongsai tersebut beraksi di tatanan bangku pendek, sampai bangku tinggi sekitar 2 meter. Warga pun juga memberikan angpau kepada barongsai.

Usai Barongsai memperlihatkan aksinya, ganti tari naga atau Liang Liong yang unjuk gigi. Para pemain membawa naga tersebut meliuk-liuk dengan indah, dan dengan formasi yang harmonis.  Sebelum tampil di malam perayaan Imlek, para pemain barongsai dan tari naga ini berlatih rutin selama sepekan terakhir.

Barongsai-1.jpgLiuk-liuk tari naga di Klenteng Tjoe Hwie Kiong, kota Kediri dalam perayaan malam tahun baru Imlek (FOTO: Yobby/Times Indonesia)

Sekitar pukul 23.30 malam,  perayaan tahun baru Imlek 2023 atau 2547 Kongzili semakin meriah dengan taburan kembang api.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan perayaan semacam ini terakhir kali digelar 3 tahun yang lalu, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

"Selamat tahun baru Imlek. Saya masih ingat sekitar tahun 2020 kita terakhir merayakan Imlek seperti sekarang ini," ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Sabtu, (21/01/2023) malam. 

Pada kesempatan Wali Kota Kediri didampingi Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar dan unsur FKUB Kota Kediri.

Barongsai-2.jpg

Sesuai dengan perhitungan kalender China, tahun 2023 adalah Tahun Kelinci Air.Kelinci merupakan simbol keberuntungan dan kemakmuran. Namun karena masih memiliki unsur air, maka diwajibkan tetap waspada karena air juga bisa menghanyutkan.

Wali Kota Kediri berharap di tahun Kelinci ini dapat membawa semangat baru di Kota Kediri. Setelah adanya pandemi Covid-19, saat ini Kota Kediri terus bangkit untuk memajukan perekonomian.

"Semoga di tahun ini rezeki lancar dan bisnis juga lancar. Kita akan terus bangkit bersama-sama untuk memajukan perekonomian di Kota Kediri," pungkasnya Wali Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES