Peristiwa Daerah

Dibayangi Resesi dan Inflasi, Ini Stategi Menparekraf RI Sandiaga Uno bagi Pariwisata

Senin, 23 Januari 2023 - 09:34 | 28.83k
Menparekraf RI Sandiaga S Uno mengunjungi Desa Wisata Citalutug, di Desa Baros Kec Arjasari, Kab Bandung. (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)
Menparekraf RI Sandiaga S Uno mengunjungi Desa Wisata Citalutug, di Desa Baros Kec Arjasari, Kab Bandung. (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Perekonomian dunia dibayangi resesi dan inflasi memasuki tahun 2023, yang dikhawatirkan akan mempengaruhi berbagai sektor termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif.  Bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI) Sandiaga Uno, Desa Wisata bisa menjadi salah satu andalan dalam menghadapi masalah itu. 

"Strategi khusus saya kembali ke Desa Wisata. Karena ternyata, sepanjang  pandemi Covid-19, Desa Wisata ini bangkit dan tumbuh 30%. Berarti ini yang disebut pemenang pandemi," kata Menparekraf kepada TIMES Indonesia di Desa Wisata Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Senin (23/1/2023).

Advertisement

Meski luar negeri ada kemungkinan ancaman resesi, namun turis asing pun masih berdatangan. Seperti ada laporan 210 wisatawan dari Tiongkok mulai kembali berdatangan di Indonesia. "Jadi, saya meyakini bahwa kekuatan kita adalah di wisata Nusantara," tandas Sandiaga.

Ditanya soal kebijakan apa yang akan diambil sektor pariwisata di tengah ancaman resesi, Sandi menyatakan pihaknya akan all out bekerja, sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi, untuk terus merevitalisasi destinasi. 

Menurutnya, revitaliasi obyek wisata antara lain dengan lebih memperhatikan, kebersihannya, kesehatan, kenyamanan, keamanan, juga keberlanjutan.

"Kita juga harus siapkan SDM-nya, para pelakunya, anak-anak mudanya, sehingga nanti destinasi keunggulan seperti di Kabupaten Bandung ini bisa menjadi role model atau contoh yang bisa menginspirasi banyak kabupaten/kota dan Desa Wisata lainnya," papar Sandi.

Menparekraf-RI-Sandiaga-S-Uno-b.jpg

Saat mengunjungi Desa Wisata Citalutug, di Desa Baros Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung Minggu (22/1/2023), dalam rangka Ngobrol Bareng Pelaku Parekraf Kabupaten Bandung (Ngabandungan), Menparekraf juga memberi arahan untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Dirinya mendukung pelatihan UMKM di Desa Wisata se-Bandung Raya , sebagai bukti komitmen atas program yang harus dijalankan. 

"Saya mengingatkan kita semua harus konsisten dalam mengacu kepada program. Untuk bisa naik kelas strateginya harus menciptakan diversifikasi produk UMKM. Bukan hanya kuliner, tapi juga ada fashion, kriya," sebut Sandi. 

Kemudian harus melakukan, kolaborasi,  jangan sendiri-sendiri jangan rebutan. Lalu tingkatkan standarisasi, pemafaatan digitalisasi dan inovasi, serta peningkatan kapasitas dan keterampilan SDM.

Stategi lain, menurut Menparekraf RI Sandiaga Uno, juga harus punya program untuk pelatihan-pelatihan. Semua itu untuk memacu penciptaan lapangan kerja di bidang pariwisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES