Peristiwa Daerah

Berikut Sebab Wabup Blitar Rahmat Santoso Jadi Plh Bupati Blitar

Senin, 23 Januari 2023 - 17:34 | 25.44k
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wabup Blitar Rahmat Santoso saat perayaan Hari Jadi Blitar tahun 2022. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Wabup Blitar Rahmat Santoso saat perayaan Hari Jadi Blitar tahun 2022. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Rahmat Santoso akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Blitar. Selama selama 9 hari, Wabup Rahmat akan menggantikan tugas Bupati Blitar Rini Syarifah dalam menggerakkan roda pemerintah Pemkab Blitar. Lantas kemana kah Bupati Blitar?

Ternyata, mulai 25 Januari hingga 2 Februari 2023 nanti, Bupati Blitar akan menunaikan ibadah umroh. Oleh sebab itu, tugas dan wewenangnya sementara diberikan kepada Wabup Rahmat.

Advertisement

“Iya benar, memang ada SPT dari Mbak Rini, (Panggilan akrab Wabup kepada Bupati Blitar) untuk melaksanakan tugas dan wewenang selama beliau melaksanakan ibadah umrah,” kata Wabup Rahmat, Senin (23/1/2023).

Penunjukkan Wabup Rahmat  menjadi Plh Bupati Blitar itu sesuai Surat Perintah Tugas (SPT) No.B/180.09/20/409/2023, tertanggal 19 Januari 2023 karena Bupati Blitar Rini Syarifah sedang melaksanakan ibadah umrah.

SPT tersebut memerintahkan Wabup Blitar, Rahmat Santoso untuk melaksanakan tugas dan wewenang, dengan tetap berkoordinasi dan bertanggungkawab kepada Bupati Blitar. Terhitung sejak 25 Januari – 2 Februari 2023 atau selama 9 hari. Serta melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Bupati Blitar.

Selanjutnya, Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) itu menjelaskan menjelaskan bahwa dasar SPT Bupati Blitar tersebut adanya Surat Bupati Blitar tanggal 11 Januari 2023 perihal permohonan ijin ibadah umrah.  kemudian Surat Gubernur Jawa Timur tanggal 16 Januari 2023 No. 131/2034/011.2/2023 perihal permohonan ijin ke luar negeri dengan alasan penting.

“Serta Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 19 Januari 2023 tentang persetujuan ijin ke luar negeri dengan alasan penting,” jelasnya.

Wabup Rahmat menegaskan akan tetap berkoordinasi dengan Bupati Rini, jika ada sesuatu yang sifatnya strategis dan memerlukan persetujuan Bupati Blitar. Ia akan melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya. Sehingga roda pemerintahan Kabupaten Blitar tetap bisa berjalan dengan lancar.

"Dengan disetujuinya ijin Bupati Blitar untuk menjalankan ibadah umrah oleh Mendagri, maka saya akan melaksanakan tugas dan wewenang selama ditinggal beliau umroh," tambahnya.

Kemudian, Wabup Rahmat mendoakan Bupati Blitar dan keluarga semoga selama menjalankan ibadah umrah diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT. Serta menjadi umrah yang mabrur dan mabruroh.

"Semoga beliau beserta keluarga juga diberikan kesehatan dan keselamatan hingga kembali ke tanah air," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES