Peristiwa Daerah

Jatim Siapkan Vaksin Booster Kedua, Bisa Diakses di Fasyankes Terdekat dan Gratis 

Senin, 23 Januari 2023 - 21:21 | 67.56k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa siap memberikan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum mulai 24 Januari 2023 secara gratis. (FOTO: Dok.Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa siap memberikan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum mulai 24 Januari 2023 secara gratis. (FOTO: Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa Jawa Timur (Jatim) siap memberikan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksinasi tersebut bisa diakses mulai 24 Januari 2023 secara gratis. 

Khofifah mengatakan vaksinasi booster kedua ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI HK.02.02/C/380/2023 yang ditetapkan pada 20 Januari 2023 lalu di Jakarta.

Rekomendasi Komite Ahli Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) dalam surat nomor ITAGI/SR/23/2022 tanggal 24 November 2022 menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 booster kedua dapat diberikan bagi masyarakat umum.

"Alhamdulillah di Jatim, kami selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan terutama untuk penanganan Covid-19. Vaksinasi booter kedua untuk masyarakat dimulai pada tanggal 24 Januari 2023 secara gratis,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (23/1/2023). 

Khofifah mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) mulai rumah sakit dan Puskesmas di Jatim siap memberikan pelayanan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat.

Kondisi ini sama sebagaimana selama ini mereka melayani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua dan juga booster yang pertama. Selebihnya, gerai-gerai non permanen yang dulu sempat digunakan menurutnya dapat dibugarkan kembali. 

"Kalau untuk tempat layanan kesehatan seperti RS atau Puskesmas, sampai sekarang masih memberikan vaksinasi. Nantinya untuk mempercepat proses vaksinasi booster kedua ini, gerai-gerai vaksin bisa dibuka kembali," terangnya. 

Untuk itu, Gubernur Khofifah mengimbau pemerintah kabupaten/kota segera menindaklanjuti ketentuan vaksin booster kedua. Khofifah  berharap, fasilitas untuk mempercepat proses tersebut dapat disiapkan bahkan sampai ke tingkat kelurahan. 

"Saya minta kepada bupati/wali kota untuk segera menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk masyarakat agar bisa segera divaksin. Silakan dikoordinasikan dengan pihak terkait sampai ke lapisan terkecil," imbuhnya. 

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi booster pertama dilaksanakan.

Jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Menindaklanjuti arahan Gubernur Khofifah tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD., KPTI. segera melakukan koordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota untuk menyiapkan logistik dan Fasyankes pelaksana vaksinasi Covid-19 booster kedua di masing-masih wilayah kerjanya.

Selain itu, Dinkes Jatim bersama Dinkes kabupaten/kota juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 booster kedua mulai Selasa, (24/01/2023) di Fasyankes terdekat.

"Kami telah menyampaikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi booster kedua sudah bisa didapatkan secara gratis mulai Selasa, (24/01/23) di puskesmas atau fasyankes terdekat lainnya," papar dr. Erwin

Erwin menambahkan bahwa vaksinasi Covid-19 booster kedua ini bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh terhadap Covid-19, vaksinasi booster kedua ini juga bermanfaat untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk sehingga bisa memperpanjang perlindungan tubuh terhadap Covid-19 terutama terhadap munculnya varian-varian Covid-19 yang baru.

Diketahui, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa Jawa Timur siap memberikan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksinasi bisa diakses mulai 24 Januari 2023 secara gratis. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES