Peristiwa Daerah

Gempa M 4,4 Guncang Cianjur Pagi Ini, Tiga Warga Terluka

Selasa, 24 Januari 2023 - 08:16 | 29.51k
Ilustrasi Gempa Bumi. (Dok TIN)
Ilustrasi Gempa Bumi. (Dok TIN)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Gempa berkekuatan Magnitudo 4,4 terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (24/1/2023), pukul 02.45 WIB. Gempa Cianjur yang terjadi dini hari tersebut mengakibatkan korban luka.

Menurut informasi dari BMKG, titik gempa Cianjur berada pada 11 km Barat Laut, Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman gempa 10 kilometer.

Advertisement

Lokasi gempa Cianjur berada pada 6.81 Lintang Selatan dan 107.04 Bujur Timur. BMKG mengatakan data belum stabil dan bisa berubah.

"Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," tulisnya.

Gempa Bumi Sesar Cugenang

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan gempa Cianjur ini terjadi akibat aktivitas Sesar Cugenang.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," ujar Hartanto, dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Gempa Cianjur ini sendiri terjadi pukul 02.45 WIB dengan kedalaman gempa 10 km. BMKG menyampaikan gempa ini sempat dirasakan di Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, dan Cianjur denga skala MMI III-IV.

Gempa juga dirasakan di Purwakarta dengan skala MMI III. Hartanto jug menyebutkan gempa Cianjur ini juga dirasakan hingga ke kawasan Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan skala MMI II.

BMKG mencatat sejak 21 November hingga hari ini per pukl 03.15 WIB, telah terjadi gempa susulan sebanyak 487 kali di Cianjur.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Hartanto.

Tiga Orang Korban Luka

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Fatah Rizal, menyampaikan ada tiga orang di Desa Cijedil menjadi korban luka, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian gempa susulan tersebut.

Korban luka juga terdapat di Desa Sarampad Kecamatan Cugenang juga terdapat korban luka. Korban yang merupakan orang dewasa itu terkena pecahan kaca saat berusaha menyelamatkan diri.

"Ada tiga korban luka di Cijedil dan satu di Sarampad. Tidak ada korban jiwa. Kami masih data jumlah warga yang luka akibat gempa tadi, khawatir masih ada lagi," kata Rizal.

BMKG dan BPBD Kabupaten Cianjur juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES