Peristiwa Daerah

ITDC Komitmen Tingkatkan SDM Berkualitas di Kawasan The Mandalika

Rabu, 15 Februari 2023 - 18:47 | 66.00k
PT ITDC terus mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi masyarakat lingkar kawasan The Mandalika.(Foto: Dok. TIMES Indonesia)
PT ITDC terus mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi masyarakat lingkar kawasan The Mandalika.(Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (PPI) bersama Pemkab Lombok Tengah komitmen mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi masyarakat lingkar kawasan The Mandalika

Komitmen ini dituangkan dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah tentang pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan hasil produksi kelompok tenaga kerja mandiri.

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager The Mandalika Molin Duwanno dan Wakil Bupati Lombok Tengah HM Nursiah, disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, di area Bazaar Mandalika, The Mandalika. 

Molin menyampaikan bahwa pihaknya merasa senang karena dapat kembali berkolaborasi dengan Pemkab Lombok Tengah dalam memanfaatkan segala sumber daya yang ada di kawasan Mandalika.

Menurut Molin, pengelolaan dan pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan hasil produksi kelompok tenaga kerja mandiri di kawasan Mandalika diperlukan sinergi dari berbagai pihak, tak terkecuali dengan Pemkab Lombok Tengah.

“Penandatanganan kerja sama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah ini merupakan upaya dan sinergi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di kawasan KEK Mandalika,” ujar Molin, kepada TIMES Indonesia, Rabu (15/2/2023).

Molin menegaskan kerja sama dengan Pemkab Lombok Tengah dalam peningkatan kualitas SDM masyarakat di kawasan The Mandalika sebenarnya sudah lama dijalin. Tetapi dipandang perlu untuk diperkuat kembali dengan cakupan yang tentunya lebih luas lagi.

ITDC Serap Tenaga Kerja Lokal

Molin menjelaskan terkait penyerapan tenaga kerja lokal di berbagai proyek yang ada di kawasan The Mandalika. Yakni, sekitar 74 persen di antaranya merupakan tenaga kerja lokal.

Artinya, lanjut dia, komitmen dalam menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal sudah lama dilakukan oleh ITDC.

‘’Dari total sekitar 1.450 tenaga kerja yang saat ini bekerja di ITDC dan berbagai proyek di kawasan The Mandalika, itu 74 persen diantaranya merupakan tenaga kerja lokal Lombok Tengah,” jelas dia.

Ke depan, Molin menegaskan bahwa adanya kesepakatan ini, komitmen penyerapan tenaga kerja lokal akan lebih diperkuat.

Molin menambahkan, melalui kesepakatan bersama diharapkan dapat mengembangkan sektor tenaga kerja di Lombok Tengah dan meningkatkan peran mayarakat dalam mengembangkan perekonomian. 

Menurutnya, kolaborasi yang kuat antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah diperlukan untuk memberikan wadah bagi masyarakat dalam pengembangan produk-produk yang mempunyai nilai jual.

Selain itu, kolaborasi tersebut untuk pemanfaatan hasil produksi secara tradisional dan digital yang tepat sasaran.

Dia mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen ITDC dalam membangun sinergi dengan masyarakat Lombok Tengah.

“Kami saling melengkapi dan memberikan dukungan secara berkelanjutan dalam bersama-sama membangun kawasan The Mandalika yang akan memberikan multiplier effect bagi semua pihak,” imbuh Molin.

Pemkab Lombok Tengah Beri Dukungan ITDC

Wakil Bupati Lombok Tengah HM Nursiah menyambut baik adanya kerjasama antara ITDC dengan Pemkab Lombok Tengah untuk saling mendukung dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat di lingkar kawasan The Mandalika.

Nursiah berharap agar masyarakat lingkar kawasan The Mandalika dan Lombok Tengah secara umum, benar-benar siap untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan yang ada di kawasan The Mandalika.

Ia mengatakan, keberadaan kawasan The Mandalika bisa memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat dan daerah ini.

‘’Dukungan nantinya juga akan diberikan dalam bentuk program bagi desa-desa di lingkar kawasan The Mandalika. Artinya, semua elemen yang disentuh melalui kerja sama antara Pemkab Lombok Tengah dengan ITDC ini,’’ ujar Nursiah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES