Peristiwa Daerah

Desa Wisata Lestari Kaliku Sleman Optimalkan Potensi Alam

Sabtu, 25 Februari 2023 - 19:58 | 113.59k
Ketua Desa Wisata Lestari Kaliku, Bambang Sugaib. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Ketua Desa Wisata Lestari Kaliku, Bambang Sugaib. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Pengelola Desa Wisata Lestari Kaliku di Padukuhan Gabugan, Kalurahan Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta akan mengoptimalkan potensi alam yang ada di wilayahnya. Seperti, keberadaan Sungai Denggung dan pertanian yang ada di sekitarnya.

“Kami akan mengoptimalkan potensi alam untuk menarik kunjungan wisatawan ke desa kami,” kata Ketua Desa Wisata Lestari Kaliku, Bambang Sugaib, Sabtu (25/2/2023).

Menurutnya, ada banyak potensi alam yang ada di kampungnya. Pihaknya akan membranding desa wisata dengan sebutan mandi ciblon, mandi kekeceh, dan mandi bergas waras. Dengan potensi alam yang ada tersebut, Sugaib optimis wisatawakan tertarik berkunjung ke wilayahnya. Sehingga, kunjungan wisatawan tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Selain mengoptimalkan potensi alam, kami akan menyeriusi menggarap makanan khas desa setempat sebagai oleh-oleh wisatawan,” tandas Sugaib.

Untuk mendukung eksistensi Desa Wisata Lestari Kaliku, pihaknya akan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan kegiatan jogging dan senam. Sementara itu, untuk potensi wisata alam dan budaya akan dikembangkan dengan kegiatan wisata sayur mayur, wisata seni budaya, wisata pemancingan, serta wisata kuliner.

“Masyarakat cukup bersemangat mengembangkan Desa Wisata Lestari Kaliku. Semoga cita-cita kami mengoptimalkan desa wisata ini dapat terealisasi dengan baik dan lancar,” terang Sugaib.

Bupati Sleman Kustini mengapresiasi peran aktif masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya. Apalagi, Padukuhan Gabugan yang berada di pusat kota Sleman ini memiliki banyak potensi alam dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Ide masyarakat harus kita dukung. Apalagi, desa wisata ini berada di dekat Sleman kota sehingga sayang bila dilewatkan begitu saja,” papar Kustini saat berkunjung ke Desa Wisata Lestari Kaliku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES