Peristiwa Daerah

Tingkatkan SDM Petani Milenial, Polbangtan Malang dan Bupati Pohuwato Lanjutkan Kerjasama

Sabtu, 25 Februari 2023 - 22:09 | 121.31k
Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga dan Wadir Polbangtan Malang Novita Dewi Kristanti. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia).
Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga dan Wadir Polbangtan Malang Novita Dewi Kristanti. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pertanian (Kementan) tidak pernah berhenti berupaya menghadirkan banyak petani milenial sebagai motor penggerak utama menggapai tujuan mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern. Melalui pendidikan vokasi, Kementan berupaya menarik minat generasi muda pada sektor pertanian.

“Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial. Generasi milenial memiliki ciri berpikir strategis, inspiratif, inovatif, energik, antusias, dan fasih mengadopsi teknologi digital dalam berbagai aspek bisnis sehingga diprediksi menjadi pembawa pembaruan dalam pembangunan pertanian,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pada kesempatan yang berbeda mengatakan saat ini jumlah petani Indonesia terus berkurang.

“Para petani milenial muda harus banyak tercipta melalui Polbangtan. Maka sebagai pendidikan tinggi vokasi, diperlukan kerja sama dengan berbagai lembaga, baik itu Sekolah, Universitas, Dunia Usaha maupun Dunia Industri (DUDI),” ungkap Dedi.

Dalam upaya membangun petani milenial, Kementerian Pertanian melalui Polbangtan Malang dan Bupati Pohuwato melanjutkan kembali kerjasama pendidikan. Dalam rangka tindak lanjut kerjasama antara Polbangtan Malang dan Kabupaten Pohuwato telah dilakukan kunjungan ke lokasi asal mahasiswa untuk melaporkan progres pendidikan selama di Polbangtan Malang, Sabtu (25/02/2023).

Bupati-Pohuwato-Saipul-A-Mbuinga-a.jpg

"Mahasiswa asal Pohuwato telah mengikuti pendidikan dengan baik dan harapannya ke depan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pertanian dan peternakan di Pohuwato," ujar Wakil Direktur I Polbangtan Malang, Novita Dewi Kristanti.

Novita menyampaikan bahwa selama menjalani pendidikan, mahasiswa mendapat bekal ilmu melalui kegiatan magang, tugas akhir dan ekstrakurikuler seperti pendidikan bahasa dan budaya Jepang.

Novita menambahkan, Polbangtan Malang akan terus menjalin kerjasama dengan siapapun untuk mendukung dan mensukseskan semua program Kementerian Pertanian  serta menyukseskan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga menyampaikan dukungannya terhadap kerjasama ini dan tahun ini dilanjutkan dengan mengirimkan beberapa calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Polbangtan Malang melalui jalur kerjasama.

"Semoga ke depan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memajukan pertanian Pohuwato," kata Saipul. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES