Peristiwa Daerah

Jelang Puasa Ramadan 2023, Warga Gelar Aksi Bersih Makam

Minggu, 26 Februari 2023 - 09:33 | 53.85k
Jelang puasa Ramadan, warga Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta menggelar aksi bersih-bersih di area makam setempat. (FOTO: Dok. Bahar)
Jelang puasa Ramadan, warga Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta menggelar aksi bersih-bersih di area makam setempat. (FOTO: Dok. Bahar)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Jelang bulan suci Ramadan 2023, umat muslim di Yogyakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan. Seperti, aksi bersih-bersih makam dan tempat ibadah yang ada di wilayahnya.

Antusiasme warga mengikuti bersih-bersih makam terlihat di Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Puluhan warga, mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak dengan cekatan mengikuti kegiatan bersih-bersih makam Sasonoloyo Tegalmulyo Tegalkrapyak Dusun Sedan ini dengan peralatan sederhana.

Sebenarnya, kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya dilakukan jelang Ramadan saja. Namun, setiap saat warga setempat dan ahli waris selalu aktif melakukan bersih-bersih di makam tersebut.

Aksi gotong royong ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur karena masih ikut merayakan puasa Ramadan 2023 sekaligus menciptkan lingkungan yang bersih.

Jelang-Puasa-Ramadan-2023-b.jpg

“Kegiatan gotong royong bersih-bersih makam ini kami lakukan setiap tahun khususnya jelang puasa Ramadan,” kata Dukuh Sedan, Miyarno, Minggu (26/2/2023).

Miyarno menerangkan, tiga tahun terakhir warga memang tidak melakukan aksi gotong royong di makam. Sebab, saat itu dalam situasi pandemi Covid -19 dan kebijakan pemerintah yang melarang adanya kerumunan warga.

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa gotong royong lagi. Membersihkan rumbut dan sampah yang berserakan di sekitar area makam,” Ketua Pengurus Makam Tegalmulyo Tegalkrapyak Dusun Sedan, Boni.

Seorang warga, Bahar mengaku senang dapat ikut gotong royong bersih-bersih sampah dan rumput di area makam kampungnya. “Semoga Ramadan 2023 ini membawa berkah bagi kita semuanya,” terang Bahar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES