Peristiwa Daerah

Pemkab Morotai Apresiasi FKUI Gelar Bakti Sosial dan Riset Kardiovaskular

Rabu, 15 Maret 2023 - 19:07 | 49.80k
Plt Sekda Morotai F Revi Dara saat menerima tim dokter jantung dari FKUI Jakarta di Meeting Room Kantor Bupati Morotai, Rabu (14/3/2023) sore. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).
Plt Sekda Morotai F Revi Dara saat menerima tim dokter jantung dari FKUI Jakarta di Meeting Room Kantor Bupati Morotai, Rabu (14/3/2023) sore. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morotai memberikan apresiasi yang tinggi kepada Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang bakal menggelar bakti sosial tahun ini di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Apresiasi tersebut disampaikan Plt Sekda Morotai F Revi Dara saat menjamu rombongan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI di Room Meeting Kantor Bupati Pemkab Morotai, Rabu (15/3/2023) sore.

Revi mengatakan, kedatangan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI bersama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RS Universitas Indonesia, dan Yayasan Kardiovaskular Indonesia.

"Kami Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai sangat mengapresiasi dan merasa kedatangan ini merupakan suatu berkah tersendiri untuk daerah kita. Melalui bakti sosial dan riset mungkin kondisi-kondisi kita di sini akan terbantu, terutama pasien-pasien yang terindikasi sakit jantung," terang Revi.

Menurut Revi, kedatangan tim FKUI di Morotai dalam beberapa hari ke depan untuk melakukan survey.

"Nanti akan didampingi oleh kadis kesehatan maupun direktur rumah sakit bersama timnya. Dengan demikian apa yang mau dibutuhkan, apa yang harus Pemkab Morotai siapkan dapat disampaikan agar bisa kami koordinasikan semua dan bisa lakukan untuk kegiatan ini harus sukses," harap dia.

Revi juga menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Morotai yang kebetulan berada di luar daerah.

“Hari ini, saya dengan tiga asisten siap melayani. Silakan saja dikomunikasikan dan intinya bahwa Pemkab Pulau Morotai sangat berterima kasih dan menyambut hangat serta kami persilakan untuk melakukan survey riset yang ada untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Juni yang akan datang," kata Plt Sekda Morotai.

Perwakilan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI, dr Dian Zamroni mengucapkan terima kasih karena kedatangannya bersama tim telah diterima dengan baik oleh Pemkab Morotai.

“Kami disini mewakili Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita serta RS Universitas Indonesia untuk mengutarakan rencana bakti sosial yang akan kami gelar," papar Dian.

Ia mengatakant Rancangan kegiatan dan timelinenya dimulai pada Februari lalu dengan melakukan audiensi bersama Pemkab Morotai, Dinas Kesehatan, IDI, RSUD, dan instansi terkait lainnya.

Kemudian, lanjut Dian, survei lokasi di Morotai mulai tanggal 15-17 Maret 2023 untuk persiapan kebutuhan dan kelengkapan kegiatan.

Selanjutnya di bulan April, pelatihan kader untuk metode skrining tentang risiko kardiovaskular dan penyakit jantung katup di populasi.

Sementara, di bulan Mei diadakan skrining populasi oleh kader terpilih dan di bulan Juni verifikasi hasil skrining oleh tim kemudian acara puncaknya di bulan Juli. Yakni, pemeriksaan responden terpilih, penyuluhan kesehatan, pelatihan ACLS, BLS, dan BHD serta seminar kesehatan untuk dokter dan perawat.

"Pelatihan bakal diberikan bukan hanya kepada tenaga kesehatan, tenaga non kesehatan pun bisa mendaftar untuk mengikuti pelatihan. Usai pelatihan diberi sertifikat, sehingga secara keilmuan bisa digunakan dimana saja dalam memberi pertolongan pertama kepada pasien yang mengalami penyakit jantung," terangnya.

Untuk itu, Dian meminta dukungan Pemkab Morotai terkait fasilitas yang dibutuhkan pada puncak acara H-1. Yaitu, ruang indoor dan outdoor ber-AC dengan kapasitas ruangan 50-60 orang demi kelangsungan pelatihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES