Peristiwa Daerah

Tangani Bencana di Bawean Gresik, BNPB Gelontor Bantuan 250 Juta

Jumat, 17 Maret 2023 - 18:01 | 33.67k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menerima bantuan dari BNPB untuk penanggulangan bencana alam di Bawean (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menerima bantuan dari BNPB untuk penanggulangan bencana alam di Bawean (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menangani bencana banjir dan tanah longsor di Pulau Bawean Gresik, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelontorkan anggaran Rp250 juta kepada Pemkab Gresik.

Bantuan diserahkan Tenaga Ahli Kepala BNBP Pusat Brigjen Bambang Eko dan Kolonel Agus Marsanto, serta Kasubdit Dukungan Pengerahan SDM BNPB Andria Yuve Rizal.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan BNPB memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp250 juta. Dana tersebut merupakan dukungan operasional BNPB dalam penanganan banjir dan tanah longsor.

"Cuaca ekstrim beberapa hari kebelakang benar-benar membawa dampak bagi masyarakat Gresik. Di wilayah selatan Kali Lamong meluap dan di Pulau Bawean selain banjir juga terjadi tanah longsor. Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih atas dukungan dana yang diberikan BNPB hari ini," ungkapnya, Jumat (17/3/2023).

Dihadapan perwakilan BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Timur yang hadir, Bupati Yani bertutur tentang usaha-usaha yang telah dilakukan dalam menanggulangi banjir Kali Lamong. 

Ia mengungkapkan sejak awal dilantik sebagai Bupati, upaya penanganan dilakukan melalui APBD berupa pembebasan lahan di bantaran Kali Lamong. 

Langkah lain adalah dengan menjalin komunikasi dengan perusahaan sekitar, untuk mengucurkan CSR-nya untuk menormalisasi sungai anak Kali Lamong.

"Kita juga terbuka kepada semua pihak untuk bersama-sama kami untuk menuntaskan permasalahan banjir. Baik itu dari pusat, dan Pemprov untuk ikut serta membantu kami menanggulangi bencana," terang dia usai penyerahan bantuan BNPB untuk penanggulangan bencana di Bawean Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES