Peristiwa Daerah

Rekomendasi Spot Ngabuburit Ramadan di Situbondo, Bikin Puasa Tidak Terasa

Sabtu, 18 Maret 2023 - 12:27 | 78.47k
Keindahan panorama Kampung Kerapu, Kendit, Situbondo. Cocok menjadi spot ngabuburit ramadan di Situbondo.(Foto: Instagram/sigitdim)
Keindahan panorama Kampung Kerapu, Kendit, Situbondo. Cocok menjadi spot ngabuburit ramadan di Situbondo.(Foto: Instagram/sigitdim)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Tidak terasa bulan suci ramadan sudah tinggal menghitung hari. Momen seru dan asik saat ramadan pastinya sudah memenuhi isi kepala dan membuat tidak sabar menunggu kedatangannya. Ada beberapa spot menarik untuk ngabuburit di Situbondo, saat ramadan tiba.

Selain buka bersama dengan keluarga dan kolega kerja, momentum seru lain bulan ramadan adalah ngabuburit. Kegiatan yang dilakukan setiap sore dalam rangka menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka adalah momen yang tidak bisa terlewatkan.

Berikut TIMES Indonesia menyajikan rekomendasi spot asik dengan pemandangan indah yang cocok sebagai tempat ngabuburit di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Rest Area Utama Raya

Spot-Ngabuburit-Ramadan-di-Situbondo.jpgRest Area Utama Raya. Fasilitas lengkap, tempat asik ngabuburit di Situbondo. Bisa lakuin banyak hal di satu tempat.(Foto: Miftahorrahman/TIMES Indonesia)

Mari mulai rekomendasi ini dari lokasi di ujung paling barat kabupaten dengan garis pantai sepanjang 150 kilometer ini.

Rekomendasi spot ngabuburit pertama adalah Rest Area Utama Raya. Lokasinya ada di Jalan Raya Pantura, Kecamatan Banyuglugur. Cukup terkenal sebagai spot ngabuburit karena fasilitasnya yang cukup lengkap. Mulai dari SPBU di bagian depan, cottage di bagian dalam dan sebuah kafe dengan suasana syahdu pinggir pantai di sisi utara.

Pantai Utama Raya juga menyediakan beberapa wahana air seperti banana boat, speed boat dan permainan air lain yang bisa kalian sewa untuk menghabiskan waktu. Biaya sewa cukup terjangkau mulai dari Rp 50 ribu per wahananya.

Sudah datang waktu berbuka dan tidak sempat pulang? Tenang! Resto dan kafe yang tersedia di Utama Raya, menyediakan berbagai menu makanan mulai dari snack hingga makanan berat. Ada juga minimarket yang menjual berbagai kebutuhan dan camilan jika tidak ingin makan berat untuk berbuka.

Tertarik? Tiket masuknya murah saja. Cukup rogoh kocek Rp 5.000 kalian sudah bisa menikmati suasana senja sembari ngabuburit di Rest Area Utama Raya.

Kampung Kerapu

Bergeser sedikit ke sebelah timur, ada wisata Kampung Kerapu. Rest area dengan anjungan kayu  berbentuk lingkaran yang dilengkapi air mancur spektakuler di bagian tengah. Berhasil mencuri animo masyarakat di awal peluncurannya tahun 2018, Kampung Kerapu adalah spot ngabuburit asik Situbondo selanjutnya.

Panorama indah perairan utara Jawa berpadu manis dengan pertunjukan air mancur yang biasanya mulai aktif sejak sore hingga malam hari. Salah satu spot mancing favorit warga Situbondo.

Dengan suasana yang cukup nyaman, Kampung Kerapu adalah spot ngabuburit yang asik di Situbondo. Baik kalian pergi untuk sekedar jalan-jalan atau pergi sembari memancing ikan menunggu datangnya waktu berbuka.

Berlokasi di Jalan Raya Pantura, Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo. Tiket masuk Kampung Kerapu dipatok mulai Rp 10 ribu saja per orang. Tertarik untuk ngabuburit di Kampung Kerapu?

Pelabuhan Jangkar

Spot-Ngabuburit-Ramadan-di-Situbondo-b.jpg Keindahan perairan utara Situbondo dari Pelabuhan Jangkar. Bikin puasamu tidak terasa saking indahnya.(Instagram/arip.hi)

Spot ngabuburit terakhir adalah Pelabuhan Jangkar, yang terkenal dengan movable bridgenya. Spot ngabuburit populer dan ramai dipenuhi masyarakat, baik ingin menyeberang atau sekedar menikmati pemandangan laut yang menenangkan.

Spot ngabuburit paling cocok untuk kalian yang sukanya kumpul dengan teman. Cocok sebagai lokasi bercengkrama dan bercanda bersama teman sembari menunggu datangnya waktu berbuka.

Pelabuhan yang ada di Desa Krajan, Kecamatan Jangkar, Situbondo ini punya pemandangan yang khas. Bukan hanya panorama alam tapi juga kesibukan dan hilir mudik penumpang kapal penyeberangan.

Menikmati pemandangan kapal penyeberangan yang hilir mudik menurunkan dan menaikkan penumpang menjadi panorama unik tersendiri yang bisa dinikmati di Pelabuhan Jangkar. 

Jika sendirian, tidak perlu gusar. Pelabuhan Jangkar tidak hanya spot ngabuburit yang asik, namun juga spot mancing yang gacor! Banyak ikan kecil hingga sedang yang bisa didapatkan di Pelabuhan Jangkar. Jika tidak beruntung, kalian bisa membeli beberapa kilogram ikan kepada pedagang di Pelabuhan Jangkar.

Tertarik ngabuburit di Pelabuhan Jangkar? Tenang! Kalian tidak perlu merogoh kocek banyak. Cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat, kalian sudah bisa menikmati panorama Pelabuhan Jangkar.

Jadi, spot mana yang jadi favorit kalian untuk ngabuburit saat ramadan tiba di Situbondo?(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES