Peristiwa Daerah

Ketua MTI Jatim Soroti Jalan Rusak Akibat Proyek PDAM di Sidoarjo

Jumat, 17 Maret 2023 - 18:36 | 40.34k
Ketua Harian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur, Ir. H Bambang Haryo Soekartono mendengarkan penjelasan warga Siwalanpanji, Sidoarjo terkait jalan rusak akibat proyek pipanisasi PDAM (Foto: Dok BHS Peduli)
Ketua Harian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur, Ir. H Bambang Haryo Soekartono mendengarkan penjelasan warga Siwalanpanji, Sidoarjo terkait jalan rusak akibat proyek pipanisasi PDAM (Foto: Dok BHS Peduli)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Ketua Harian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur, Ir. H Bambang Haryo Soekartono atau BHS menyoroti jalan rusak akibat proyek penanaman pipa PDAM di Kabupaten Sidoarjo.

Jalan rusak akibat proyek PDAM di kawasan Jalan Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran tersebut meresahkan warga sekitar karena sudah hampir tiga bulan belum juga diperbaiki.

"Jalan rusak ini akibat pemasangan pipa PDAM. Seharusnya setelah pemasangan pipa oleh PDAM maka harus segera atau gerak cepat lakukan perbaikan seperti semula, tapi ini sudah 3 bulan tidak dilakukan perbaikan dan menimbulkan keresahan warga sekitar," kata Bambang Haryo, Jumat (17/3/2023).

Jika tak kunjung diperbaiki, kata BHS, warga akan mengambil sikap tegas dengan menanam pohon di jalan rusak dan berlubang tersebut. Maksudnya untuk menandai agar tidak ada korban jatuh atau kecelakaan kendaraan roda dua.

"Saya meminta Pemkab Sidoarjo melalui dinas terkait dan PDAM segera lakukan respons cepat untuk perbaikan jalan ini. Harapan saya bisa rampung diperbaiki dalam bulan ramadan mendatang," ujarnya.

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini juga menyayangkan pemasangan penanaman pipa PDAM yang dipasang di tengah Jalan Desa Siwalanpanji. Menurutnya, dari beberapa sumber literatur yang ia pahami, pemasangan pipa saluran air harusnya dipasang di sebelah jalan untuk antisipasi terjadinya tekanan dari kendaraan.

"Pipa itu kan tidak ada penyangga di dalamnya, harusnya ditanam di kanan atau kiri jalan. Bukan di tengah jalan, jika terjadi kerusakan akibat tekanan kendaraan dan debit air tinggi nanti proses bongkar pasang perbaikkan akan lebih muda," ungkap Bambang Haryo.

Bambang Haryo juga mendapat temuan dan aduan dari masyarakat terkait padamnya beberapa lampu penerangan jalan di Desa Siwalanpanji yang sudah tiga Minggu belum diganti oleh dinas terkait.

"Penerangan jalan sangat penting untuk antisipasi terjadinya kriminalitas dan kecelakaan apalagi dengan kondisi jalan yang rusak parah. Lampu jalan ini harus segera diganti karena sangat penting sekali untuk antisipasi angka kejahatan dan kecelakaan," tegasnya.

"Saya berharap Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat mengakomodir segala keresahan warga dan masyarakat secara umum yang tinggal dan hidup di Sidoarjo agar merasa aman nyaman dan tentram," sambung harap Bambang Haryo

Sementara itu, Sekretaris Ketua RT 03 RW 01 Desa Siwalanpanji, Bisrie berharap apa yang menjadi keresahan warga terkait jalan rusak akibat proyek pemasangan pipa PDAM dapat segera ditangani Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 

Ia bersama warga sudah bersabar sejak tiga bulan yang lalu terkait jalan rusak itu, selain debu tak sedikit anak kecil yang jatuh akibat jalan rusak tersebut.

"Ya semoga keresahan kami segera direspon pihak terkait Pemkab Sidoarjo dan jalan kembali dibenarkan seperti semula. Kami sudah lama menunggu dan berharap Pak Bupati turun dan melihat langsung kondisi disini bagaimana kerusakan jalan akibat proyek pemasangan pipa PDAM. Begitu pula lampu penerangan jalan yang padam bisa segera diperbaikkan dan menyala kembali agar tidak gelap di saat malam hari," kata Bisrie. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES