Peristiwa Daerah

Kepala Perpusnas Resmikan Perpustakaan Daerah Kota Banjar, ini Harapannya

Sabtu, 18 Maret 2023 - 16:52 | 46.60k
Kepala Perpusnas Syarif Bando saat meresmikan Perpustakaan Daerah Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Kepala Perpusnas Syarif Bando saat meresmikan Perpustakaan Daerah Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Kepala Perpusnas (Perpustakaan Nasional) Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung layanan fasilitas Perpustakaan Daerah Kota Banjar, Sabtu (18/3/2023).

Syarif mengatakan bahwa dengan adanya gedung tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca atau literasi masyarakat Kota Banjar dan sekitarnya. 

"Gedung perpustakaan ini untuk kepentingan masyarakat agar mendapatkan akses informasi yang terbaru, terkini dan lengkap," ucapnya.

Dengan adanya kurang lebih 12 juta konten, lanjutnya, merupakan kolaborasi dan transformasi di era digital saat ini dalam bentuk jurnal ilmiah internasional. 

"Jurnal tersebut sangat dibutuhkan oleh aktivitas akademi perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mencari bahan referensi," jelasnya.

Ia menambahkan sesuai arahan presiden Jokowi dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi, maka dengan membaca buku ilmu terapan diharapkan mendapatkan inspirasi untuk memulai usaha baru.

"Terutama bagi mereka yang terdampak langsung dari PHK oleh perusahaan-perusahaan mereka bekerja," katanya.

Syarif mengungkap bahwa sarana buku fisik di perpustakaan setiap daerah di seluruh Indonesia masih terkendala pasca pandemi. Kendati demikian, pihaknya siap membantu untuk pengadaan reguler buku berbagai koleksi dengan besar anggaran sekitar Rp1 miliar. 

Sementara itu, Wali Kota Banjar menyambut baik kunjungan langsung Kepala Perpusnas dan berharap gedung perpustakaan yang baru diresmikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan maksimal oleh masyarakat.

"Meski masih terkendala di buku, kita bersyukur karena di Kota Banjar sudah terdapat perpustakaan di setiap desa kelurahan," ungkapnya seusai kegiatan.

Menurutnya  dengan adanya Gedung layanan fasilitas Perpustakaan Daerah ini ke depannya dapat meningkatkan pengetahuan maupun wawasan masyarakat dari sisi literasi hingga dapat menambah kreativitas dan skill dengan rutin membaca buku, sehingga diharapkan Kota Banjar semakin maju dan berkembang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES