Peristiwa Daerah

Bandara Internasional Banyuwangi ‘Ready’ Layani Arus Mudik Lebaran 2023

Kamis, 06 April 2023 - 08:36 | 134.75k
Penumpang turun dari pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)
Penumpang turun dari pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIBandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur, telah ready atau siap melayani arus mudik lebaran Idul Fitri 2023. Seluruh fasilitas, sarana prasarana telah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan dalam kondisi prima.

Pelaksana Tugas (Plt) Manajer Operasi, Service & Maintenance Bandara Internasional Banyuwangi, Prananta Sembiring mengatakan, persiapan jelang lebaran 2023 fasilitas wajib untuk keamanan dan kenyamanan penumpang atau pemudik transportasi udara telah diperiksa.

Fasilitas wajib bandara, mulai dari area Land Side dari sisi darat serta Air Side dari sisi udara telah dipersiapkan. Pengecekan sisi darat, meliputi area Check-In, Boarding Lounge dan pemeriksaan barang bawaan Sinar-X atau X-Ray.

Sedang di sisi udara, mulai dari landasan pacu pesawat, area parkir pesawat dan Precision Approach Path Indicator atau PAPI, juga telah dilakukan pengecekan berkala. "Saat ini sudah dipersiapkan personil, prosedur dan fasilitas," katanya, Kamis (6/4/2023).

Bandara Internasional Banyuwangi, lanjut Prananta, telah memeriksa semua sarana dan prasarana. Pemeriksaan rutin yang dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan.

Salah satu poin penting adalah fasilitas PAPI yang merupakan lampu indikator di samping Runway. Berfungsi memandu pilot untuk memperoleh dan mempertahankan posisi tepat saat akan mendarat.

"Kita melakukan pemeriksaan rutin dan berkala untuk memastikan Bandara Internasional Banyuwangi dalam kondisi prima," cetusnya.

Bandara karya arsitek Andra Matin ini, memiliki kapasitas penumpang sekitar 500.000 pax per tahun. Berada di Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 2.450 meter dengan lebar 45 meter dan ketebalan 56 Pavement Classification Number (PCN), sesuai standar Bandara Internasional.

Maka tidak heran, Bandara Internasional Banyuwangi yang menggunakan konsep "Green Airport" menyabet salah satu penghargaan bergengsi di dunia yaitu The 2022 Aga Khan Award For Architecture (AKAA) Bidang Arsitektur.

Untuk menjaga dan mengupayakan kelancaran angkutan lebaran 2023, Bandara Internasional Banyuwangi, juga telah memeriksa beberapa fasilitas lain. Termasuk suplai listrik yang menjadi sumber energi untuk peralatan. Genset, sebagai pembangkit listrik cadangan pun disiagakan dengan kondisi siap pakai.

"Rutin dilakukan pengecekan terhadap seluruh peralatan dan fasilitas bandara demi menjaga keamanan dan keselamatan," tandas Plt Manajer Operasi, Service & Maintenance Bandara Internasional Banyuwangi, Prananta Sembiring terkait kesiapan menyambut mudik lebaran 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES