Peristiwa Daerah

Sempat Disegel, Kini Siswa SDN Kalirejo II di Probolinggo Kembali Bisa Belajar di Sekolah

Selasa, 09 Mei 2023 - 12:47 | 108.87k
Siawa dan siswi SDN Kalirejo II Kecamatan Dringu, Kabupaten Problinggo, sudah kembali masuk sekolah setelah segel di pintu gerbang dibuka.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Siawa dan siswi SDN Kalirejo II Kecamatan Dringu, Kabupaten Problinggo, sudah kembali masuk sekolah setelah segel di pintu gerbang dibuka.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ratusan siswa dan siswa SDN Kalirejo II Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, sempat disegel oleh ahli waris pada Selasa (9/5/2023) pagi. Namun, setelah dilakukan mediasi oleh pemerintah setempat, segel disekolah tersebut dibuka kembali.

Kini ratusan siswa dan siswi beserta dewan guru sudah bisa melaksanakan balajar mengajar di sekolah tersebut. Para siswa dan siswi sekolah kini sudah mulai tampak sumringah karena sudah bisa meinkmati belajar di ruang kelas masing-masing.

Dibukanya kembali segel oleh ahli waris itu setelah pihak kepolisian dan pemerintah daerah setempat melakukan mediasi antara pihak ahli waris dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, selang beberapa jam setelah penyegelan itu dilakukan oleh Kadir (ahli waris).

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kapolsek Dringu, Iptu Anshori, yang langsung mendatangi lokasi bersama Forkopimka Dringu dan Kabid Pendidikan SD dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Sri Agus.

Setelah melakukan mediasi dengan Kadir, kurang lebih selama satu jam, akhirnya, Kadir mau membuka dan melepas segel sekolah demi berlangsungnya proses belajar mengajar.

"Kami tadi melakukan mediasi dengan bapak Kadir, hingga beliau mau membuka segel tersebut dan beliau menyampaikan akan segera mengurus berkaitan dengan hak kepemilikan lahan tersebut, untuk segera diajukan kompensasi," kata Iptu Ansori.

Di tempat yang sama, Camat Dringu, Heri Mulyadi menjelaskan bahwa, permasalahan ini akan segera diselesaikan sehingga tidak ada lagi penyegelan lagi oleh ahli waris.

“Yang bersangkutan ini sudah pernah ke kantor. Namun ada persyaratan yang belum dipenuhi. Ini akan segera kami selesaikan agar tidak ada lagi penyegelan bangunan sekolah seperti ini,” ucap Heri.

Sekolah Dasar Negeri atau SDN Kalirejo II Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jatim, disegel oleh ahli waris atau pemilik tanah. Akibatnya, sekitar ratusan siswa dan siswi SDN harus pindah belajar di rumah Pak RT setempat.

Tangis haru mewarnai para siswa bersama wali muridnya. Pasalnya, mereka para siswa SDN itu melakukan belajar mengajar di teras dan halaman rumah Pak RT.  Belum diketahui, apakah para siswa dan guru harus kehilangan sekolah mereka. Penyegelan itu berlangusng pada Selasa (9/5/2023) pagi.

Kadir (52) yang mengaku ahli waris tanah tersebut mengaku kalau pihaknya sudah beberapa kali melayangkan surat kepada pihak dinas terkait di Kabupaten Probolinggo.

“Sudah berkirim surat  tembusan tersebut sudah dilayangkan sejak 18 Desember 2021 lalu kepada Kepala Desa Kalirejo, Camat Dringu, Dinas Pendidikan serta Bupati Probolinggo, namun belum ada respons,” kata Kadir, kepada wartawan di lokasi SDN disegel di Kabupaten Probolinggo. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES