Peristiwa Daerah

Patung Ganesha, Tempat Sesaji di Kawah Gunung Bromo Hilang

Kamis, 18 Mei 2023 - 12:48 | 88.42k
Tampak dari kejauhan kawah wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Tampak dari kejauhan kawah wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Baru-baru ini warga Hindu Tengger di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jatim, dihebohkan dengan hilangnya patung Ganesha yang berada di bibir kawah Gunung Bromo.

Patung Ganesha itu diketahui hilang secara misterius dari tempatnya, sejak Rabu (17/5/2023). Patung Ganesha tersebut berukuran kurang lebih 50x50 meter. Menurut informasi dari warga Tengger, patung Ganesha itu buatan sekitar tahun 2015 lalu.

“Biasanya dibuat tempat sesaji saat ritual umat Hindu Tengger Bromo. Tiba-tiba sudah ditemukan hilang atau sudah tidak ada ditempat oleh warga Tengger,” kata Sabila, warga Tengger, Kamis (18/5/2023).

Hilangnya patung Ganesha itu membuat tokoh adat Tengger, bersama pihak kepolisian dan pengelola wisata Gunung Bromo yakni TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) melakukan penyelidikan, dan mencari keberadaan patung Ganesha, apakah jatuh atau dibawa kabur orang.

Kades Ngadisari, Sunaryono mengemukakan, dirinya mendapat laporan dari warga, bahwa patung Ganesha yang dibuat tempat sesaji warga saat ritual ke kawah Gunung Bromo sudah tidak ada di tempat. Pihaknya bersama pihak terkait akan melakukan pencarian apakah patung Ganesha jatuh di sekitar kawah.

"Patung Ganesha di bibir kawah hilang dari tempatnya, dan itu bukan patung kuno, melainkan buatan sendiri dari bahan cor sekitar tahun 2015. Kita bersama semua pihak masih akan melakukan pencarian, dan melihat rekaman CCTV,” kata Sunaryono, kepada wartawan.

“Soalnya sebelum hilang, pada pagi harinya ada turis asing terakhir naik ke kawah. Mohon warga Tengger tidak terpancing, karena bukan patung yang mempunyai nilai sejarah. Perkembangan akan kami beri tahu nanti," ungkap Sunaryono.

Saat ini, anggota Polsek Sukapura, pihak TNBTS, dan warga Tengger Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, melakukan pencarian hilangnya patung Ganesha tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES