Peristiwa Daerah Info Haji 2023

Air Mata Bahagia Salamah, Nenek Berusia 92 Tahun Asal Ponorogo yang Bersiap ke Tanah Suci

Selasa, 23 Mei 2023 - 15:15 | 65.17k
Salamah, jemaah haji tertua asal Kabupaten Ponorogo. Ia berangkat haji di usia 92 tahun. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
Salamah, jemaah haji tertua asal Kabupaten Ponorogo. Ia berangkat haji di usia 92 tahun. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Salamah (92), perempuan warga Desa Ngrandu Kecamatan Kauman Ponorogo menjadi jemaah haji tertua di Ponorogo pada tahun ini. Salamah tergabung dalam kloter 10 Embarkasi Surabaya yang akan berangkat ke Tanah Suci  pada 28 Mei 2023.

Keberangkatannya ke Tanah Suci sempat tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19. Kini setelah 10 tahun menunggu sejak mendaftar, Salamah bisa berangkat haji. Namun sayang di usia senja, Salamah harus berangkat sendiri ke Tanah Suci karena sang anak yang turut mendaftar haji tahun 2017 belum bisa berangkat.

"Saya bersyukur bisa dapat panggilan ke Tanah Suci. Saya sudah lama menunggu," kata Salamah.

Ia pun mengaku siap berangkat kapan saja. "Mau berangkat kapan saja ayo, yang penting berangkat. Mau sekarang atau seminggu lagi siap," ujar Salamah dengan tertawa bahagia.

Meski sudah berusia 92 tahun, kebijakan ada pendamping pada musim haji tahun ini tidak berlaku, sehingga Salamah harus pergi haji sendiri tanpa didampingi keluarganya.

"Kami ikhlas Lillahi Taala ibu berangkat haji. Keinginan ibu berangkat sehat pulang sehat, anak-anaknya tidak bisa mendampingi," tutur salah satu anak Salamah, Imam Supingi.

Ia menjelaskan bahwa keinginan naik haji Salamah dari diri sendiri. Pihak keluarga telah menyerahkan sepenuhnya ke petugas haji.

"Kami sudah sepenuhnya menyerahkan ke petugas dari Kantor Kementerian Agama. Dan Alhamdulillah sampai sekarang ibu sehat," kata Imam Supingi, putra dari jemaah haji tertua asal Ponorogo Salamah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES